Antisipasi ‘Pak Ogah’, Polisi Bangun Pos Pengamanan di Jembatan Cisambeng

Majalengkatrust.com – Guna mengantisipasinya adanya ‘Pak Ogah’ atau Polisi Cepek, Satlantas Polres Majalengka mendirikan Pos sementara di Jembatan Cisambeng Palasah, yang berada di Jalan Raya Nasional atau jalan yang menghubungkan antara Cirebon-Bandung.

Menurut Kapolres Majalengka, AKBP Mada Roostanto,SE.MH, melalui Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Iwan Setiawan,SH, didirikannya Pos sementara di area Jembatan Cisambeng Palasah tersebut, lantaran kondisi Jembatan itu saat ini mengalami kerusakan kembali, meski sudah diperbaikan beberapa waktu yang lalu.

“Tujuan didirikannya Pos sementara di area Jembatan Cisambeng ini, untuk mengantisipasi adanya warga yang suka meminta sejumlah uang ke para pengemudi. Nantinya kita akan tempatkan anggota Satlantas Polres Majalengka yang bekerja sama dengan Polsek setempat, untuk siaga 24 jam di lokasi jembatan rusak tersebut,” kata Kasat Lantas, Selasa (31/01).

Dikatakan AKP Iwan, Kepolisian yang bertugas di Pos sementara itu, juga sekaligus untuk mengatur arus lalu lintas. Sehingga nantinya tidak akan ada “Pak Ogah”, dengan dalih mengatur arus lalu lintas di jembatan rusak itu sembari minta imbalan kepada pengguna jalan.

“Makanya kita tempatkan di sana anggota Kepolisian, selain untuk mengatur arus lalu lintas juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat jika sewaktu waktu terjadi kemacetan di jalan tersebut,” ujar AKP Iwan.

Sementara, lanjut AKP Iwan, kondisi jembatan tersebut sudah sangat memperhatinkan dan tampak sebagian jalannya tidak layak untuk dilalui kendaraan, sehingga petugas Kepolisian melakukan sistem buka tutup, baik dari arah Cirebon-Bandung atau pun sebaliknya.

“Kami imbau, baik pengendara dari arah Cirebon, maupun dari arah Bandung. Bagi setiap pengendara yang melintas di Jembatan Cisambeng diharapkan bersabar, demi keselamatan bersama,” terangnya.

Lebih jauh, Kasat Lantas menambahkan, bahwa kondisi kerusakan Jembatan Cisambeng ini, diperkirakan akan berlangsung lama. Lantaran jembatan itu baru akan diperbaiki pada bulan April mendatang.

“Kalau informasi sementara dari Bina Marga sendiri, bahwa perbaikan jembatan tersebut baru bisa diperbaiki pada bulan April mendatang, karena dengan dalih harus menunggu anggaran terlebih dahulu. Oleh karenanya, kita langsung dirikan Pos sementara ini,” imbuhnya.

Selain itu, mantan Paur SI STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Jabar ini menambahkan, kendati di beberapa jembatan yang lain juga mengalami kerusakan yang sama, namun Pos sementara tersebut baru bisa dibangun hanya Satu titik, yakni di Jembatan Cisambeng Palasah saja, mengingat jembatan tersebut kondisinya paling parah.

“Memang ada beberapa jembatan lainnya di Jalan Nasional yang mengalami kerusakan. Seperti, Jembatan Cilutung atau Jembatan Cideres, namun kerusakannya tidak terlalu parah sehingga kami masih bisa dilakukan pengawasan dengan patroli rutin,” jelasnya.

Namun, kata dia, meski belum mendirikan Pos sementara di Jembatan Cilutung dan Jembatan Cideres, tapi pihaknya sudah memasang rambu- rambu dan akan terus dipantau dengan melakukan Patroli rutin.

“Namun kami tetap mengimbau kepada para pengendara, baik kendaraan roda maupun roda empat, saat melintasi jembatan-jembatan tersebut agar ekstra berhati-hati supanya tidak mengalami kecelakaan,” tandasnya. (Abduh)

1956 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*