Antusias, Sosialisasi Internet Sehat dan Aman di SMPN 1 Kadipaten

MAJALENGKA (CT) – Antisipasi pengaruh buruk internet kepada pelajar Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Majalengka menggelar sosialisasi internet aman dan sehat di SMPN 1 Kadipaten, Rabu (30/09).

Kadishubkominfo Maman Sutiman mengatakan tujuan dalam rangka mensosialisaikan cara memanfaatkan internet untuk saling berkolaborasi dan berbagi praktik terbaik dalam industri online untuk membangun lingkungan online yang lebih aman.

“Di Indonesia terdapat hampir 45 juta pengguna internet yang selalu terhubung ke dunia maya, oleh karena itu kebutuhan untuk sumber daya online dan cara penggunaan teknologi online yang aman merupakan sebuah keharusan terutaman kalangan pelajar yang rentan,” ujar Maman.

Menurutnya hal ini berfungsi untuk membentuk karakter bangsa dalam upaya meningkatkan kuantitas konten yang berkualitas dan meningkatkan etika berinternet yang sehat.

“Sosialisasi ini dilakukan untuk mencapai tujuan mereka dalam mendorong orang tua, guru dan masyarakat guna mempengaruhi dan mendidik anak-anak mengenai bagaimana cara aman saat online, agar bisa berkembang menjadi yang lebih baik dengan mewujudkan harapan kita bersama untuk menjadikan Indonesia yang hebat, yaitu melalui penggunaan berbagai sarana teknologi, informasi dan komunikasi, serta adanya keterbukaan informasi public, sehingga masyarakat akan lebih mudah untuk mengakses berbagai informasi dari badan publik yang ada, ” ujarnya.

Sementara Kabid Kominfo Dishubkominfo Wawan Kurniawan mengungkapkan manfaat internet memiliki banyak manfaat untuk membangun karakter anak bangsa ke arah yang positif. “Melalui teknologi, informasi dan komunikasi juga dapat mengangkat kebudayaan bangsa Indonesia dan menjadi sarana untuk menyatukan berbagai perbedaan yang ada, bukan justru terpengaruh dengan budaya barat yang pada akhirnya melupakan nilai dan moral bangsa,” ungkapnya.

“Membudayakan penggunaan internet sehat dan aman bagi generasi muda serta mengaktualisasikan prestasi, kreatifitas, dan bakat generasi muda khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dapat memberikan banyak keuntungan yaitu dapat mengubah keterbatasan menjadi keunggulan melalui penguasaan informasi dan teknologi yang sangat bermanfat dalam kehidupan sehari-hari, ” tukasnya. (Abduh)

1614 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*