Arus Exit Tol Cipali Dialihkan, Pasar Tumpah Sumberjaya Macet Hingga 5 Kilometer

MAJALENGKA (CT) – Puncak arus mudik H-1 Idul Fitri 1436 H, terjadi kemacetan parah di Pasar Tumpah Panjalin Sumberjaya akibat pembuangan kendaraan dari exit tol Sumberjaya disaat tol Cipali macet panjang, Kamis (16/07). Pantauan CT dari arah Cirebon ke Pasar Panjalin kemacetan mengular sekira 5 km dan dari arah Bandung ke Pasar Panjalin sekira 6 km sampai Bongas.

“Sejak dini hari pasar tumpah Panjalin Sumberjaya mobilisasi massa mulai terasa karena hari pasaran dan terakhir jelang Lebaran,” kata Kapolres Majalenga AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, S.Ik melalui Kapolsek Sumberjaya AKP H. Dedi Budiana, SH, MH.

Ia mengatakan untuk antisipasi kemacetan pedagang diarahkan menghadap sebelah utara dan dilarang menghadap ke jalan raya, kemudian tukang becak dilarang beroperasi di jalan raya,

“Arus lalin dari Cirebon-Bandung dialihkan ke Leuwimunding keluar Palasah, begitupun sebaliknya dan bagi kendaraan bermotor untuk jarak dekat dialihkan ke jalur alternatif desa Gelok Mulya, namun rekayasa lalin ini belum juga mampu mengurai kemacetan karena kedisiplinan warga kurang diterapkan mereka pengunjung pasar terkadang seenaknya berjalan, menyebrang sembarangan,” kata Kapolsek.

Menurutnya selain pengalihan dari tol, intinya Pasar Panjalin Sumberjaya sampai kapanpun akan macet yang dibutuhkan, dibutuhkan flyover di jalur Pasar Panjalinn supaya pengguna jalan dari Cirebon-Bandung dan sebaliknya tidak terganggu aktivitas di pasar.

Arta (32) warga Sumberjaya mengaku sudah terbiasa di saat arus mudik dengan kemacetan total di pasar Panjalin Sumberjaya. “Walau tahu macet tetap belanja buat kebutuhan Lebaran besok, nganter istri, sudah biasa Mas macet begini,” ungkapnya. (Abduh)

2382 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*