Banjir Rendam Puskesmas, Pasien Terpaksa Dievakuasi

Majalengkatrust.com – Banjir yang terjadi sejak kemarin sore di wilayah Kecamatan Cikijing tidak hanya merendam pemukiman warga dan jalan, namun juga merendam Puskesmas Cikijing sehingga pasien harus dievakuasi.

“Puskesmas Cikijing kena dampak banjir, ruangan dan peralatan medis banyak yang terendam, ada juga pasien yang dievakuasi dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi,” kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Majalengka, Ucu Supriatna, Kamis (16/02).

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka, H. Toto Sumianto melalui satgas BPBD Aris Ardiansyah mengatakan banjir melanda 3 desa yaitu Desa Kasturi, Desa Banjaransari, dan Desa Cimukti, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka.

“Hujan deras di wilayah Kecamatan Cikijing mengakibatkan sungai Cisarongge dan Sungai Cilutung yang melintas di desa Kasturi, Cimukti, dan Banjaransari meluap dan merendam pemukiman, lahan sawah, kolam ikan. Ketinggian air kurang lebih 1 meter di pemukiman warga,” ungkap Toto.

Dampak banjir, lanjut dia, sebanyak kurang lebih 250 rumah warga terendam dan beberapa fasilitas umum termasuk Puskesmas dan sekolah dan lahan sawah terendam.

“Masyarakat terdampak membersihkan sisa-sisa banjir di rumahnya. Kebutuhan mendesak. Logistik dan peralatan rumah tangga serta alat kebersihan,” ungkap dia.

Sementara Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto mengimbau kepada seluruh masyarakat Majalengka, bahwa jalan Provinsi Cikijing-Kuningan ditutup dikarenakan banjir di Desa Banjaransari sampai Desa Kasturi Kec. Cikijing, Kab. Majalengka dikarenakan hujan deras.

“Demi kelancaran pengguna jalan setiap hujan deras yang selalu banjir, Kapolsek Cikijing bersama anggota melaksanakan giat pengaturan lalin dan rekayasa jalan dan masyarakat diimbau menggunakan jalan alternatif,” ungkap dia. (Abduh)

1977 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*