Baru 2011 Direnovasi, SDN Rendengan Kulon 1 Ambruk Dimakan Rayap

MAJALENGKA (CT) – Gedung Sekolah Dasar Negeri Randegan Kulon 1, Desa Randegan Kulon, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka yang baru diperbaiki pada pertengahan tahun 2011 ambruk secara tiba-tiba diduga akibat seluruh kayu bagunan keropos dimakan rayap.

Menurut keterangan Kepala Sekolah SD Randegan Kulon 1, Arsad Sudarso serta Penjaga Sekolah Asmui, ambruknya atap bangunan ruang kelas IV terjadi pada Minggu (18/10) kemarin sekitar pukul 13.00 WIB. Tidak ada korban jiwa pada musibah tersebut karena semua murid sedang libur sekolah.

“Tanda-tanda bakal ambruknya ruang kelas ini sudah terlihat cukup lama, nampak dari luar bagian atapnya bergelombang, terutama terjadi di bagian tengah,” papar Arsad kepada CT, Rabu (21/10).

Kondisi serupa juga terjadi pada ruang kelas lainnya yang posisinya satu atap yaitu kelas V dan VI makanya untuk sementara semua murid kelas IV, V dan VI kini numpang di Sekolah Madrasah Diniyah, khawatir dua kelas lainnya yang satu deret juga ambruk tiba-tiba.

Sebetulnya menurut Arsad dan Asmui, tiga ruang kelas yang dibangun pada tahun 1977 tersebut baru diperbaiki pada tahun 2011 oleh rekanan, namun perbaikan tidak dilakukan secara menyeluruh, hanya mengganti sebagian kayu atap bangunan yang bertul-betul keropos, menambal dinding tembok yang mengelupas serta mengecatnya.

Padahal sebetulnya banyak kayu yang tampak dari bagian luar seolah kuat karena tertutup residu hitam, sementara pada bagian dalamnya keropos dimakan rayap. Hal itu tidak hanya terjadi pada atap bangunan namun juga pada kusen dan bingkai jendela serta pintu. Tak heran ketiba baru beberapa bulan direhap, rayap dari atap bangunan muncul keluar.

Bingkai jendela juga rusak hingga akacanya pecah akibat terjatuh. Sejak itu beberapa jendela yang rusak terpaksa ditutup dengan palang bambu agar ruang sekolah tetap aman dari jangkauan orang tidak bertanggungjawab. Untuk sejumlah dinding tembok yang melepuh tetap dibiarkan karena harus dilakukan menyeluruh. (Abduh)

1383 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*