Baznas Majalengka Targetkan Raih Estimasi Zakat Rp. 10,6 Miliar

MAJALENGKA (CT) – Sekretaris Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Majalengka H. Didi Rusmidi mengatakan pihaknya mentargetkan estimasi zakat profesi dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2015 sebesar Rp. 10,6 miliar.

“Periode Januari sampai bulan Juli 2015 saja terkumpul Rp. 6 milyar jadi estimasi sampai Desember 2015 kurang lebih Rp. 10,6 milyar,” kata Didi saat ditemui CT di kantor Baznas komplek Islamic Centre di Jalan Siti Armilah, Rabu (30/09).

Adapun dana zakat profesi PNS tersebut menurut Didi disalurkan kepada delapan asnaf yaitu fakir miskin, amilin, mualaf, riqab, gharimin, sabilillah dan ibnu sabil.

Penyaluran dana zakat profesi PNS itu diantaranya menurut Didi dalam bentuk beasiswa kepada siswa SD sampai SLTA, beasiswa santri pondok pesantren, bantuan rumah tidak layak huni, bantuan biaya operasional pasien rawat inap, bantuan bencana alam, bantuan guru ngaji, bantuan pembangunan masjid, kaderisasi calon ulama dan lainnya.

“Penyaluran melalui pengajuan tertulis melalui proposal dari Kepala Desa dan diketahui oleh Camat,” jelas Didi.

Didi mengatakan zakat profesi yang dimulai September 2014 ini penyaluran dan penggunaannya akan disampaikan ke publik secara transparan. “Penyaluran dana bisa dilihat di website Baznas Majalengka dan disampaikan juga ke media massa,” ungkapnya.

Didi mengungkapkan kini sudah ada kurang lebih 10 ribu PNS di Kabupaten Majalengka yang membayar zakat profesi dan akan dikasih Kartu NPWZ (nomor pokok wajib zakat). “Kami mengucapkan terima kasih kepada PNS yang telah mengeluarkan zakat dan kepada yang belum semoga dilapangkan hatinya,” ujar Didi.

Didi mengatakan untuk amilin di masing-masing organisasi perangkat daerah akan mendapatkan 5 persen dan setiap amilin akan dilantik oleh Baznas. Sedangkan payung hukum Zakat Profesi menurut Didi yaitu UU RI nomor 23 tahun 2011, PP nomor 14 tahun 2014, Instruksi Presiden nomor 3 tahun 2014, Suurat edaran Mendagri RI nomor 450.121102/SJ dan Surat Edaran Bupati Majalengka nomor 201 tahun 2014 tentang optimalisasi pengumpulan zakat di lingkungan Pemerintah Kabupaten melalui Baznas Kab. Majalengka

“Tentunya secara agama kewajiban zakat merupakan perintah Allah SWT bagi setiap muslim,” pungkasnya. (Abduh)

2094 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*