Bendung Rentang Majalengka Minim Pasokan Air, Petani Menjerit

MAJALENGKA (CT) – Selain faktor kemarau panjang yang melanda Majalengka dan sekitarnya, penggenangan area Waduk Jatigede juga menyebabkan debit air di bendung Rentang DAS Cimanuk Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka menurun drastis.

Hal itu menyusul ketiadaan hujan dalam beberapa bulan terakhir. Para petani dari sejumlah daerah pun berdatangan untuk meminta tambahan pasokan air. “Berkurangnya debit air di Bendung Rentang tahun ini lebih parah dibandingkan tahun kemarin,” ujar seorang petugas di Bendung Rentang, Yoyo, Rabu (16/09).

Yoyo menyebutkan, selama ini, air dari Bendung Rentang dialirkan melalui Saluran Irigasi (SI) Sindupraja dan SI Cipelang ke kedua wilayah tersebut. Untuk SI Sindupraja, pada Rabu pagi, debit airnya hanya tinggal 9,309 meter kubik per detik. Sedangkan untuk SI Cipelang, debitnya tinggal 6,996 meter kubik per detik.

Padahal, dalam kondisi normal, debit air yang mengalir melalui SI Sindupraja mencapai 29-30 meter kubik per detik. Sedangkan debit normal SI Cipelang bisa mencapai sekitar 25 meter kubik per detik.

Pemuda asal Desa Randegan Kulon Jatitujuh ini menuturkan, penurunan debit Bendung Rentang sangat berdampak pada pengairan di Kabupaten Indramayu dan Cirebon. Pasalnya, areal pertanian di kedua daerah tersebut sangat bergantung dari pasokan air bendung Rentang.

Yoyo mengatakan, sebelum musim panen kemarin, para petani dari berbagai daerah berdatangan untuk meminta tambahan pasokan air. Namun, pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena debit air di Bendung Rentang memang minim.

Selama ini, debit air di bendung tersebut sangat tergantung pada pasokan air dari hulu. Ketiadaan hujan di daerah hulu maupun di sekitar bendung Rentang membuat debit air di bendung tersebut terus menyusut. Terlebih keadaan tersebut diperparah dengan digenangnya wilayah bendungan Jatigede yang secara langsung berpengaruh pada pasokan air di bendungan Rentang.

Selain oleh petani, keluhan juga dirasakan oleh pelanggan PDAM unit Jatitujuh, pasalnya pasokan air berkurang dengan menurunnya debit air di bendungan rentang. “Jelas berpengaruh, input air baku dari bak sungai Cimanuk ke bak intake kurang maksimal, sehingga menyebabkan penghambatan dalam proses produksi,” ujar Hermawan salah seorang petugas PDAM. (Abduh)

2259 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*