Bidang Pertanian Minim Minat, Distankan Bentuk Satker Budidaya

MAJALENGKA (CT) – Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Majalengka membentuk Brigade Budidaya yaitu satuan kerja yang mempunyai tugas melaksanakan pengendalian budidaya, percepatan tanam, irigasi dan panen.

Menurut keterangan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Majalengka, H. Abdul Gani didampingi Kabid Tanaman Pangan, Taham, yang mendasari dibentuknya Brigade Budidaya ini merespon perihal makin berkurangnya ketertarikan angkatan kerja produktif di bidang pertanian.

“Hal ini berakibat kurangnya tenaga kerja, mulai saat persiapan lahan sampai penanganan produksi, dan akhirnya menurunkan kuantitas maupun kualitas produksi,” papar Abdul Gani, Kamis (17/12).

Abdul Gani menambahkan fenomena alam sering tidak menentu, berakibat melesetnya kebijakan pemerintah untuk membantu peningkatan kesejahteraan petani baik terhadap fenomena hama, bencana kekeringan, bencana kebanjiran dan lain-lain.

“Selain itu, tingkat kehilangan hasil panen masih tinggi yakni 10-20 persen. Kehilangan paling tinggi terjadi pada proses panen,” ungkapnya.

Abdul Gani menambahkan, untuk menanggulangi keterlambatan tanam akibat kurangnya tenaga kerja dapat dibantu oleh Satker Budidaya.

“Selain itu satker ini bisa membantu keterlambatan penanganan panen, selama ini tenaga panen masih melakukan sistem ceblokan, dengan perbandingan 5:1, petani banding buruh. Keadaan ini mengakibatkan sering terjadinya keterlantaran saat panen dan tingginya kerugian hasil panen,” jelasnya.

Sementara itu memasuki musim hujan, petani Majalengka sudah mulai menanam padi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, memasuki masa tanam para petani kerap menghadapi berbagai persoalan seperti kelangkaan pupuk atau tingginya harga pupuk, sulitnya benih dan kurangnya buruh tani.

Anggota DPRD Majalengka, Asep Saepudin, berharap Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Pertanian dapat mengantisipasinya.

“Sehingga tahun ini persoalan pupuk tidak menghambat produktivitas para petani dan persoalan lainnya dapat diminimalisir,” ujar anggota DPRD dari Fraksi PKS ini. (Abduh)

1221 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*