BPBD Majalengka Dirikan Posko Bencana di Sejumlah Kecamatan

MAJALENGKA (CT) – Memasuki musim hujan yang ditandai dengan intensitas hujan cukup tinggi, di wilayah Kabupaten Majalengka yang rawan bencana banjir, longsor dan angin puting beliung, untuk mengantisipasi hal tersebut dan penanggulangannya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka membentuk Posko Penanggulangan Bencana di kecamatan-kecamatan rawan bencana.

“Posko tersebut didirikan bertujuan apabila ada bencana alam, anggota Posko tersebut segera mengantisipasi bencana alam tersebut,” kata Kepala BPBD Tatang Rahmat melalui Kasi Darurat Bencana Chaerul Primadia seusai pembentuka Posko Penanggulangan Bencana di Kecamatan Sindangwangi, Selasa (29/12).

Ia mengungkapkan wilayah Majalengka di musim hujan ini untuk beberapa kecamatan di wilayah utara seperti Ligung, Kertajati dan Jatitujuh rawan banjir dan untuk wilayah timur dan selatan seperti kecamatan Sindangwangi, Rajagaluh, Argapura, Maja, Banjaran, Lemahsugih, Cingambul dan Bantarujeg rawan longsor.

“Bencana banjir ini sangat dipengaruhi oleh faktor alam berupa curah hujan diatas normal dan pasang naik air surut,” jelasnya.

Disamping itu menurutnya ulah manusia juga berperan penting seperti penggunaan lahan tidak tepat seperti pemukiman di daerah aliran sungai dan di daerah resapan air, pembuangan sampah ke sungai dan pemukiman di dataran banjir.

“Bila terjadi banjir segera matikan aliran listrik di dalam rumah atau hubungi PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah yang terkena banjir, dan hubungi instansi penanggulangan bencana atau kantor desa setempat,” pesan Chaerul.

Sementara Camat Sindangwangi Safari Azis Heryanto mengatakan wilayah Kecamatan Sindangwangi termasuk yang rawan bencana alam longsor dan retakan tanah.

“Mudah-mudahan dengan adanya posko penanggulangan bencana ini, penanggulangan bencana cepat teratasi dan tidak semakin meluas dampaknya,” harapnya. (Abduh)

2271 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*