BPBD Rilis Bencana Tahun 2016 di Majalengka Terjadi 50 Peristiwa

Majalengkatrust.com – Dalam kurun waktu sepuluh bulan terakhir di tahun 2016, terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Majalengka sebanyak 50 kali, bencana alam kebanyakan terjadi di musim penghujan.

“Bencana alam tersebut mengakibatkan nilai kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp. 2,97 milyar lebih,”ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka Tatang Rahmat, Senin (31/10).

Dikatakan dia, bencana alam yang menimpa wilayah Majalengka ini kebanyakan  terjadi di wilayah Kecamatan Bantarujeg, Lemahsugih dan Malausma, terutama untuk tanah longsor, kebakaran serta pergerakan tanah yang menimpa Desa Mekarmulya Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka.

Menurut dia, berdasarkan data yang dimiliki BPBD, jumlah bencana longsor mencapai 12 kali, pergerakan tanah 3 kali, kebakaran 12 kali, angin puting beliung 11 kali, serta bencana banjir sebanyak 12 kali.

Untuk bencana banjir menimpa wilayah Kecamatan Ligung, Kertajati, Kadipaten, Kasokandel dan Dawuan

Tatang mengungkapkan untuk penanganan bencana alam ini butuh dana yang tidak sedikit  atau mencapai lebih dari 2,97 milyar karena  ada sejumlah sekolah dan rumah yang hancur seperti yang menimpa warga Malausma serta Lemahsugih.

Di sana, sebanyak  3 rumah rusak berat, 59 rumah mengalami rusak sedang dan 40 rumah rusak ringan. Ditempat lainnya ada 8 sekolah dan tiga rumah ibadah yang kerap terendam banjir .

“Kerusakan sarana umum yang paling parah menimpa 6 lokal gedung SMP Islam Nunuk serta satu mushola yang hancur terbawa arus air Sungai Cisuluheun.  Nilai kerugianpun cukup besar mencapai ratusan juta rupiah karena keenam lokal bangunan yang hancur tersebut baru beberapa tahun saja,” tandasnya. (Abduh)

1989 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*