Bumdes Diharapkan Menyerap Tenaga Kerja dan Ekonomi Kreatif

Majalengkatrust.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H. Dedi Rahmadi mengatakan, Bumdes diharapkan bisa menyerap tenaga kerja desa agar meningkatkan kreatifitas dan peluang usaha ekonomi produktif warga desa yang berpenghasilan rendah.

“Bumdes dimaksudkan untuk mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat, baik yang berkembang menurut adat Istiadat dan budaya setempat,” kata Dedi saat Workshop Peningkatan Kapasitas SDM Kelembagaan Bumdes Kabupaten Majalengka, Kamis di Aula IPHI Desa Banjaran Kecamatan Banjaran.

Dikatakan dia, sebagai sebuah usaha desa, pembentukan BUMDes adalah benar-benar untuk memaksimalisasi potensi masyarakat desa, baik itu potensi ekonomi, sumber daya alam, ataupun sumber daya manusianya.

“Sasaran pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui BUMDes ini, adalah untuk melayani masyarakat desa dalam mengembangkan usaha produktif dan untuk menyediakan media beragam usaha dalam menunjang perekonomian masyarakat desa, sesuai dengan potensi desa dan kebutuhan masyarakat,” tukas dia.

Kepala Desa Banjaran Epen Suprai mengatakan, dengan workshop ini mudah-mudahan kita bisa mengembangkan BUMDES di desa masing-masing sesuai dengan potensi desanya.

Camat Kecamatan Banjaran, H. Iding Solehudin mengatakan, dalam rangka peningkatan kapasitas Bumdes ini yang pertama SDMnya dan pengurus BUMDES mampu menjalankan dan mengelola Bumdes.

“Dengan Bumdes ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desanya masing-masing,” ujar Camat Iding.

Camat Iding mengatakan sudah ada beberapa desa yang berjalan Bumdesnya dan ada beberapa desa yang Bumdesnya baru berdiri atau dibentuk.

Potensi desa wisata dengan Bumdes Wisata ini sangat potensial, seperti Situ Sangiang, Bukit Sawiah dan panorama alam lainnya di Desa Genteng, Desa Sunia dan Desa Darmalarang di samping potensi pertanian dan Home Industri.

Ketua Forum Bumdes Kabupaten Majalengka, Eman Suherman mengatakan mudah-mudahan workshop ini menjadikan motivasi buat Bumdes yang lain dan menjadikan mitra masyarakat, pemerintah dalam kerjasama wirausaha demi kesejahteraan masyarakat desa dan menggali potensi desa. (Abduh)

1140 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*