Bupati Majalengka Dukung Bagus Rangin Jadi Pahlawan Nasional

 

MAJALENGKA (CT) – Bupati Majalengka H. Sutrisno mendukung putra daerah asli Majalengka Bagus Rangin untuk menjadi Pahlawan Nasional karena dengan jasa-jasa perjuangannya menjadi teladan bagi generasi masa kini.

“Dengan adanya acara ini membuka
wawasan masyarakat Majalengka dimana catatan sejarah masih sangat minim di Majalengka,” kata Bupati Sutrisno seusai menghadiri Seminar Nasional Pengusulan Bagus Rangin menjadi Pahlawan Nasional di Gedung SKB Majalengka, Minggu (06/09).

Hadir dalam seminar tersebut Wakil Ketua Komisi I DPR RI TB Hasanudin, Guru Besar Sejarah Unpad Nina Lubis, Wakil Bupati Majalengka H Karna Sobahi, Bupati Kabupaten Cirebon Sunjaya, Para  Ketua DPRD Se-wilayah III Cirebon, Ketua DPRD Sumedang, Ketua DPRD Subang, para ahli sejarah,budayawan, akademisii dan tokoh masyarakat se-Wilayah III Cirebon.

Bupati Sutrisno mengatakan sebagai generasi masa kini harus memahami dan meneladani sikap dan perjuangan para pahlawan seperti KH Abdul Halim dan Bagus Rangin.

“Perjuangan para pahlawan ini sangat luar biasa untuk bangsa ini, jadi kita tidak boleh melupakan sejarah dan menjadi cermin belajar kita di masa kini,” ujarnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Arifin Harun Kertasaputra. mengatakan bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa pahlawannya dan memiliki empati dan simpati yang tinggi dan menghargai perbedaan

“Bagus Rangin merupakan pahlawan yang melawan Belanda pada awal abad 18, perintah Pak Gubernur benar tidaknya tolong ditanggapi, saya berharap segala jasa dan kontribusi Bagus Rangin kepada bangsa dan negara mendapat balasan setimpal dan dicatat dalam tinta emas sejarah Indonesia,” ujar Arifin.

Arifin mengatakan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat akan meyampaikan rekomendasi ke Kementerian Sosial dan akan memberikan juga ke tim peneliti dan pengkaji Dewan Gelar dan Kehormatan Nasional.

Di tempat yang sama Ketua DPRD Kuningan Rana Suparman mengatakan pihaknya bersama para Ketua DPRD se-wilayah 3 Cirebon mendukung Bagus Rangin menjadi pahlawan nasional karena perjuangannya mewakili rakyat Ciayumajakuning.

“Kami bahkan siap memberikan dukungan tertulis dari DPRD untuk disampaikan ke pemerintah pusat untuk dukungan Bagus Rangin menjadi Pahlawan Nasional,” tukasnya. (Abduh)

2088 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*