Bupati Majalengka Minta Gubernur Turut Pikirkan Infrastruktur Majalengka

MAJALENGKA (CT) – Bupati Majalengka, H.Sutrisno langsung berkomunikasi virtual melalui teleconference dengan Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heriyawan meminta agar gubernur turun tangan dalam membangun dan memperbaiki infrastruktur yang berada di wilayah Kabupaten Majalengka.

“Banyak sekali program pembangunan yang saat ini masih terbengkalai dan memerlukan intervensi dari Pemprov Jabar, salah satunya yang mendesak perbaikan jalan akibat longsor, yang terjadi di Cikijing-Majalengka, yang menghubungkan antara Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Kuningan,” kata Sutrisno saat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) dengan seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat melalui virtual yang dilaksanakan di kantor Bappeda Kabupaten Majalengka, Selasa, (12/04).

Melalui musrenbang virtual ini, Bupati Majalengka menyampaikan langsung usulan perencanaan pembangunannya di hadapan Gubernur Jawa Barat dan unsur Muspida Jabar, melalui layar lebar dan proyektor yang terhubung langsung dengan seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat.

Menurut dia, Pemkab Majalengka telah mengusulkan anggaran pembangunan infrastruktur ke Pemprov Jabar senilai Rp 406 miliar, namun yang baru dikabulkan sebesar Rp 108 miliar. Peruntukannya untuk pembuatan jalan baru dan pelebaran jalan di wilayah Kecamatan Kertajati akibat adanya pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

“Karena adanya pembangunan bandara, akses jalan yang menghubungkan antar desa itu terhambat terutama di Desa Sukamulya, Desa Kertamulya dan desa sekitarnya,” kata mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Majalengka ini.

Selain itu, Sutrisno juga meminta Pemprov Jabar membangun jalan yang menghubungkan antara Talaga-Bantarujeg-Lemahsugih yang mulai mengalami kerusakan.

Termasuk juga jembatan Padaherang-Padabenghar yang menyatukan jalan di Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Akses ini penting dibangun karena di kawasan ini akan dibuat kebun binatang, sedangkan di Kabupaten Kuningan akan dibuat Kebun Raya Kuningan.

“Kami juga meminta agar akses jalan menuju wisata Majalengka bisa dilebarkan, karena ini menjadi salah satu hambatan dalam mewujudkan Majalengka sebagai daerah destinasi wisata,” tuturnya.

Masih dikatakan Sutrisno, untuk mewujudkan ketahanan pangan di Majalengka, pihaknya berharap Pemprov membangun kembali saluran irigasi yang saat ini mengalami kerusakan.

“Ini penting agar Majalengka bisa menjadi daerah penyumbang pangan terbaik minimalnya di Jawa Barat maksimal di tingkat nasional,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jawa Barat, H.Ahmad Heriyawan langsung meresponnya dan meminta Dinas Bina Marga langsung menindaklanjutinya. “Kami minta agar dina Bina Marga segera menindklanjuti aspirasi masyarakat Kabupaten Majalengka seperti yang disampaikan pak bupati,”kata Heriyawan saat telecoference dengan Bupati Sutrisno.

Aher nama sapaanya, memuji Bupati Sutriso yang menyebutkan di antara kota dan kabupaten di Jawa Barat yang dekat dengan rakyatnya selain Sukabumi juga Majalengka.

“Mungkin banyak usulan yang bapak minta, kita akan berusaha semaksmil mungkin mewujudkannya. Namun untuk saat ini Pemprov Jabar tengah berkonstrasi dengan pelaksanaan PON dan dana Pilkada seretantak sehingga belum bisa mewujudkan anggara semua itu,” terangnya. (Abduh)

1119 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*