Bupati Sampaikan 5 Raperda Kepada DPRD Majalengka

Majalengkatrust.com – Bupati Majalengka H. Sutrisno mengatakan kelima Raperda yang disampaikan kepada DPRD merupakan Raperda yang penting dan perlu dibahas dan diselesaikan bersama guna kelancaran dan peningkatan kinerja Pemerintahan Kabupaten Majalengka.

“Sesuai dengan harapan seluruh Fraksi DPRD atas pengajuan Raperda Bangunan Gedung, bahwa dengan kemajuan zaman dan perkembangan ekonomi yang sangat pesat di Kabupaten Majalengka serta dengan semakin banyaknya berdiri bangunan gedung-gedung, maka diperlukan adanya regulasi yang mengatur tentang bangunan gedung,”tukas Bupati Sutrisno saat sidang paripurna di gedung DPRD Majalengka, Rabu (30/11).

Regulasi ini lanjut dia, akan menjadi landasan pijak bagi Eksekutif dalam melakukan penataan, pengawasan, dan pengaturan dalam setiap pembangunan gedung di Kabupaten Majalengka, sehingga akan selaras dengan aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan dan kesehatan serta selaras dengan lingkungannya.

Terkait Raperda Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), menurut Sutrisno terdapat dua esensi penting dalam pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan. Pertama pajak bumi dan bangunan sebagai komponen PAD (pendapatan asli daerah) merupakan potensi penerimaan PAD terbesar dalam rangka pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sebagai komponen PAD, PBB dipungut berlandaskan asas keadilan dengan tetap memperhatikan kemampuan ekonomi masyarakat, sehingga tidak menjadi beban bagi masyarakat dengan kemampuan ekonomi terbatas,”jelas dia.

Untuk menjamin keadilan dalam pungutan, lanjut dia, maka perlu dilakukan penentuan kembali tarif pemungutan PBB dengan memberikan tarif yang minimal bagi masyarakat yang memiliki, menguasai atau memanfaatkan tanah hanya untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan tarif maksimal bagi masyarakat yang dengan sengaja menelantarkan tanahnya tanpa memberikan manfaat baik bagi masyarakat sekitar maupun ekosistem lingkungan hidup.

Selain itu Bupati Sutrisno juga menyampaikan Raperda penyertaan modal PDAM, Raperda penyertaan modal BUMD PD Sindangkasih Multi Usaha dan Raperda Perubahan Ketiga atas Perda nomor 5 tahun 1977 tentang Apotek Silih Asih.

“Kami menyadari jawaban dan tanggapan yang kami sampaikan belum sepenuhnya memuaskan fraksi-fraksi. Untuk penjelasan lebih teknis dapat dibahas dengan Pansus DPRD,”ungkap Sutrisno.

Sementara itu pandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Majalengka terhadap lima Raperda melalui Ketua Fraksi PDIP H. Dadang Ahmad Satari, Fraksi PKB dr.H. Hamdi, Fraksi Golkar H. Sudibyo BO, Fraksi Gerindra H. Multajam, Fraksi PKS Asep Saepudin, Fraksi Demokrat H. Fuad Abdul Aziz, Fraksi PPP Dede Aif Mussofa, dan Fraksi PAN Aa Chandra membacakan pandangan umum secara bergantian.

Mengenai Raperda Bangunan Gedung, fraksi-fraksi dapat memahami dengan kemajuan zaman dan ekonomi, maka dengan sendirinya sangat membutuhkan sarana dan prasarana yang baik diantaranya gedung yang memperhatikan keamanan dan keindahan jarak dari jalan atau jaringan listrik,

“Kami memandang perlu adanya peraturan yang mengatur tentang gedung yang mengatur aspek keamanan, keselamatan, kenyamanan, kesehatan dan selaras lingkungan. Selain itu perlu diatur juga tentang tinggi bangunan,”ujar H. Dadang Ketua Fraksi PDIP.

Mengenai Raperda tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka nomor 02 tahun 2012 tentang PBB, fraksi-fraksi memandang perlu adanya penyesuaian karena hampir tiap tahun ada kenaikan nilai jual objek pajak.

“Namun dalam melakukan penilaian objek pajak, harus betul-betul disesuaikan dengan pasaran saat ini dan harus diperhatikan juga nilai jual objek pajak satu tempat dengan tempat lainnya karena berbeda-beda sehingga pengenaan terhadap wajib pajak tidak merasa keberatan,”kata Dede Aif Mussofa dari Fraksi PPP.

Mengenai penyertaan modal terhadap BUMD PDAM, PD SMU dan Apotek Silih Asih, fraksi-fraksi DPRD Majalengka sepakat , namun berharap selain meningkatkan PAD, BUMD-BUMD ini dapat mendorong terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. (Abduh)

1119 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*