Cegah Banjir, Ratusan Siswa dan Guru SMP Nunuk Bikin Tanggul di Sungai Cisuluheun

Majalengkatrust.com – Ratusan siswa dan guru SMP Nunuk Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka terpaksa membangun sendiri tanggul di Sungai Cisuluheun.

Hal tersebut dilakukan agar sekolah mereka tidak terkena banjir, akibat luapan aliran sungai Cisuluheun yang persis berada di samping sekolah.

“Tidak ingin sekolahnya terbawa hanyut kembali, akhirnya guru dan siswa SMP Islam Nunuk beramai-ramai membuat benteng sendiri,” kata Jaja Sujai, Kepala Sekolah SMP Islam Nunuk kepada Majalengkatrust.com, Kamis (24/11).

Menurut dia, sebelumnya sudah 4 kelas yang terbawa hanyut aliran Sungai Cisuluheun, namun hingga kini belum ada tindakan berarti dari pemerintah.

Dirinya berharap pemerintah secepatnya merelokasi sekolah mereka ke tempat yang lebih aman.

Jaja juga mengungkapkan, sebanyak 122 siswa SMP Nunuk di Desa Nunuk Baru, Kecamatan Maja, menjalani kegiatan belajar mengajar dengan resiko kehilangan nyawa, akibat ancaman banjir sungai Cisuluheun di samping sekolah mereka.

“Bulan Mei yang lalu dua lokal kelas dan perpustakaan hanyut terbawa arus sungai Cisuluheun. Kini tersisa Mesjid dan 3 lokal kelas yang masih digunakan oleh 122 siswa, dan sekarang terancam kembali karena hampir tiap hari air sungai meluap ke halaman sekolah, entah bagaimana nasibnya jika terjadi banjir lebih besar lagi,” kata Jaja.

Jaja juga mengungkapkan, ancaman banjir sungai Cisuluheun tidak hanya mengancam aset sekolah dan nyawa siswa serta guru. Lebih mengerikan lagi, bencana banjir mengancam juga jiwa 200 KK yang ada di blok Cirelek Desa Nunuk Baru.

Sementara itu, anggota DPRD Majalengka Dede Aif Mussofa mengatakan, pemerintah harus secepatnya mengambil langkah konkret terhadap nasib ratusan siswa SMP Nunuk, serta ratusan warga Blok Cirelek Desa Nunuk Baru, yang setiap hujan terancam jiwanya oleh aliran Sungai Cisuluheun yang meluap. (Abduh)

2085 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*