Ciptakan Ketahanan Pangan, Komunitas Saung Eurih Fokus Kembangkan Holtikultura

MAJALENGKA (CT) – Kiprah komunitas “Saung Eurih” di Kelurahan Cicurug Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka dalam bidang pertanian dengan melakukan pengembangan berbagai tanaman dan pengolahan limbah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak salah satunya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon yang memberikan bantuan pembangunan green house untuk komunitas Saung Eurih, Kamis (08/10).

“Ini salah satu program menjaga harga stabil khususnya produksi bahan pangan. Saya suka blusukan melihat wilayah Ciayumajakuning melihat potensi yang dapat dibantu,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Muhamad Abdul Majid Ikrom saat Peletakan Batu Pertama Pembangunan Green House Saung Eurih Program Sosial BI (PSBI) Kantor Perwakilan BI Cirebon di Kelurahan Cicurug Kecamatan Majalengka, Kamis (08/10).

Abdul Majid mengatakanSaung Eurih ini awalnya mengolah limbah menjadi benda yang bermanfaat dan yang menarik dikelola anak-anak muda yang masih produktif yang suka membangun kampungnya. “Makanya ketika komunitas Saung Eurih membangun holtikultura makanya saya setuju untuk membantu Namun tidak semuanya kami bantu karena ada 4 wilayah yang kami bantu. Makanya kita bantu Infrastrukturnya, dan tolong dijaga dan ditingkatkan dan menjadi pilot project bagi komunitas lain dan tidak menutup diri supaya lebih berkembang,” kata Abdul Majid.

Ketua Komunitas Saung Eurih Eman Kurdiman mengatakan hal ini sudah sejak 2010 dilakukan oleh para pemuda yang tergabung di Komunitas Saung Eurih. Eman mengungkapkan di Komunitas Saung Eurih ada kelompok hanjuang yang mengelola daur ulang sampah, kelompok simpay rasa di bidang makanan, pemuda laksana mandiri yang mengelola peteranakan dan, satangtung media center yang mengelola media online dan kelompok ibu-ibu yang memanfaatkan pekarangan rumah untuk sayuran.

“Pembangunan Green house ini energi baru buat kami, dari awal kami memberikan 15 polybag yang diberika per warga, mudah-mudahan bisa lebih meningkat,” ungkap Eman.

Lurah Cicurug Juju Juhanta menbgucapkan terima kasih dari kepercayaan BI kepada Saung Eurih dengan Green House agar lebih hijau lagi. “Manfaatkan sebaik-baiknya dan tularkan kepada yang lainnya. Mudah-mudahan green house tidak hanya sebuah monumen tapi bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (Abduh)

3207 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*