Dataran Tinggi Sadarehe Majalengka Hasilkan Bunga Mawar

Majalengkatrust.com – Beberapa waktu lalu budi daya bunga mawar hanya dikenal di wilayah Lembang, Bandung, karena ada anggapan suhu udara dan kondisi tanah yang sesuai untuk tanaman mawar hanya Bandung.

Namun kini ternyata di Blok Sadarehe, Kabupaten Majalengka bunga nawar sudah bisa dibudidayakan dan hasilnya cukup bagus.

Produksi bunga mawar asal Blok Sadarehe, Desa Payung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka ini disuplai ke Cirebon, Indramayu dan Majalengka sendiri serta sebagian Kuningan.

Menurut keterangan pengelola perkebunan mawar, Budi, perkebunan mawar di Sadarehe ini sudah berlangsung sekitar kurang lebih tiga tahunan. Pemiliknya berasal dari Lembang, namun kini sudah menjadi warga Majalengka.

Luas lahan tanamnya mencapai 0,5 hektare, letaknya persis di pinggir jalan, sehingga semua orang bisa dengan mudah menjangkau perkebunan tersebut dan memesan bunga bila menginginkannya. Bunga mawar dipanen setiap hari pagi atau sore.

Produksi bunga, setiap harinya untuk saat ini menurut Budi sebanyak 100 kodi dengan harga setiap tangkai mencapai Rp 10.000. Cara menjualnya pembeli terkadang langsung datang ke kebun atau terkadang dikirim langsung kepada pemesan.

“Warna bunga yang tersedia di kebun mawar tersebut sebanyak 12 warna, itu diantaranya berwarna kuning, merah tua, merah marun, peach, ungu, pink, range, putih dan sejumlah warna lainnya,” ungkapnya. (Abduh)

6387 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*