Delapan Puluh Operator Desa Diberi Bimtek Siladdu

Majalengkatrust.com – Sebanyak 80 operator desa diberi bimbingan teknis sistem aplikasi data desa terpadu (Siladdu) di aula Kokardan jalan Gerakan Koperasi Majalengka oleh Dinas Kominfo dan Relawan TIK Kabupaten Majalengka, Selasa (03/10).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pengembangan Informatika Dinas Kominfo, Rahmat Kartono mengatakan Bintek ini menyikapi perkembangan teknologi yang semakin pesat.

“Diskominfo melalui tupoksinya ingin melaksanakan tugas di bidang Bangdal Informatika, untuk melanjutkan program Siladdu yang sangat bermanfaat bagi Pemerintah Desa,” ungkap Rahmat.

Kadis Kominfo Kabupaten Majalengka, Maman Sutiman mengatakan pengembangan teknologi ini terus kita aplikasikan di semua sektor, sehingga perkembangan teknologi informasi bisa diterapkan secara positif.

“Mari perkembangan teknologi ini kita manfaatkan sebaik-baiknya bagi aparatur untuk meningkatkan pelayanan kita,” ungkap Kadis Kominfo.

Ketua Relawan TIK Kabupaten Majalengka H. Budi Victoriadi mengatakan, berdasarkan UU Desa no 6 tahun 2014 pasal 86 point 1, dinyatakan Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Dikatakan dia, hal tersebut sejalan dengan yang dilakukan oleh Pemda Majalengka, melalui Dinas KOMINFO pada Bidang Litbang Informatika, bersamaan dengan perkembangan Desa-desa guna membangun Teknologi yang tumbuh dari program nasional DESTIKA 2014 (Desa Teknologi Informatika) ke-2 di Kabupaten Majalengka beberapa tahun lalu.

“DISKOMINFO telah memfasilitasi adanya server website desa dan juga applikasi desa yang diberinama SILADDU (Sistem Informasi Pelayanan Desa dan Data Terpadu), bekerjasama dengan Relawan-TIK,” ungkap Mang Budi, sapaan akrabnya.

Dikatakan dia, RTIK Majalengka juga melakukan kegiatan ‘Sabtu Menyatu di Sekretariat RTIK’ supaya terjalin komunikasi yang baik antar pegiat TIK dan juga masyarakat. Agar desa lebih cepat menerima informasi dan menyampaikannya ke publik/masyarakat melalui jalinan ‘bersilaturahim dan Bersahabat’. (Abduh)

606 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*