Dilanda Kekeringan, Distanak Majalengka Imbau Petani Tanam Padi Dekat Saluran Irigasi

MAJALENGKA (CT) – Di Musim kemarau akhir Juli ini, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanak) Kabupaten Majalengka hanya merekomendasikan seluas 13 hektar sawah yang bisa ditanami pada Musim tanam ke III, areal sawah tersebut yang berada di dekat pengairan teknis atau dekat dengan saluran irigasi dengan sistem pengairan pompanisasi.

“Turunnya jumlah areal tanam ini diharapkan tidak berdampak pada stok pangan di Majalengka, Sawah-sawah yang jauh ke saluran air disarankan tidak ditanami, sumur pantek hanya dioperasikan untuk daerah-daerah tertentu,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Majalengka H Abdul Gani melalui Kabid Tanaman Pangan Taham, Jumat (24/07).

Menurutnya areal sawah yang masih bisa ditanami tersebut diantaranya saja berada di wilayah Kecamatan Rajagaluh, Sindangwangi, Maja, Argapura, sebagian Majalengka, Leuwimunding, sebagian Ligung dan Kertajati yang sistem pengairanya menggunakan pompanisasi.

“Saat ini areal tanam mencapai 18 ribu hektar, seluass 5 ribu hektar diantaranya adalah sisa tanam di MT II, penurunan luas tanam terutama dari MT I cukup besar karena pada MT I mencapai 58 ribu hektaran,” ungkap Taham.

Menurutnya di musim kemarau ini Yang harus diwaspadari para petani sekarang adalah munculnya serangan hama tikus, karena serangan tikus diprediksi akan mengganas. Kondisi ini terjadi akibat disaat musim kemarau makanan berkurang sedangkan areal tanam sedikit sehingga tikus akan memburu manakan yang ada.

Menyinggung soal produksi gabah, Nana menyebutkan untuk musim tanam pertama dan kedua rata-rata setiap hektarnya mendapatkan sekitar 6.5 ton gabah kering giling. Dengan demikian produksi gabah di Majalengka tetap surplus dan mampu menyumbang stok gabah nasional.

Kedepan menurutnya untuk menaikan produksi gabah, pihaknya akan terus berupaya untuk memberikan bantuan pompa air kepada petani sehingga areal sawah yang kini menganggur bisa ditanami dengan sistem pompanisasi, terutama areal sawah yang jaraknya berdekatan dengan saluran air. Seperti sepanjang saluran air Cipelang, Sindupraja dan saluran air lainnya. (Abduh)

1401 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*