Dinas Pertanian Bersama Petani Jagung Gelar Panen Raya

Majalengkatrust.com – Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka, bersama Menteri Tani, melakukan panen raya jagung Hibrida Ho-Corn Bima 14 Batara, di Blok Sawah Loa Desa Cihaur Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Rabu (05/04).

hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian Majalengka, yang diwakili oleh Eko Siswoyo, Menteri Tani, Oo Solehudin, SP, Bhabinkamtibmas Desa Cihaur, Brigadir Jojo, Bhabinsa Sertu Junali dan sejumlah pihak perusahaan diantaranya, PT Petro Gresik dan PT Petrosida serta 4 kelompok tani dan 50 orang petani Desa Cihaur Maja.

Kepala Dinas Pertanian Majalengka, yang diwakili oleh, Eko Siswoyo, Menteri Tani, Oo Solehudin, SP menyebutkan bahwa kedaulatan pangan merupakan salah satu target pemerintah saat ini yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2017.

“Kementerian pertanian sendiri, telah menindaklanjuti percepatan pencapaian swasembada pangan dengan meluncurkan berbagai macam kegiatan, di antaranya Upaya Khusus (Upsus) padi, jagung dan kedelai,” jelasnya.

Termasuk, kata dia pada kegiatan upsus seperti jagung ini, segala strategi dan upaya dilakukan untuk peningkatan luas tanam dan produktivitas di daerah daerah sentra produksi pangan, khususnya di Majalengka.

Sementara itu, menurut Denplot Desa Cihaur, Asep Setiadi panen raya jagung hibrida Ho-Corn Bima 14 Batara ini, sebelumnya ditanam pada (02/12) lalu di sawah seluas satu hektare milik, H. Maman dengan benih awal 19 kilogram per hektare dan jarak tanam 20 X 70cm.

Sementara untuk pemupukan ke 1, dia menggunakan Sidapur dan pupuk Urea serta dilanjutkan dengan pemupukan ke 2 menggunakan Phonska plus dan pupuk urea.

“Alahmdulilah hasilnya pun, panen raya jagung kali ini sangat memuaskan,” pungkas dia.  (Abduh)

1506 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*