Dinas Peternakan Klaim Daging di Pasar Majalengka Sehat Dikonsumsi untuk Lebaran

MAJALENGKA (CT) – Sidak tim gabungan Dinas Kehutanan Perkebunan Peternakan (Dishutbunak) dengan Dinas Kesehatan dan Dinas KUKM Perindag Kabupaten Majalengka, ke sejumlah pasar modern dan pasar tradisional di Kabupaten Majalengka, Alhasil daging sapi, kambing dan ayam aman dikonsumsi.

“Hasil sidak, daging di pasar tradisional kualitasnya bagus dan aman dikonsumsi, di pasar modern pun kualitas daging bagus, daging yang tidak habis pun disimpan di freezer,” kata drh. Siti Nurini Kasi Kesehatan Hewan Dishutbunak Kab. Majalengka, seusai razia, Rabu (08/07).

Drh. Rini juga mengungkapkan hasil sidak terjadi penurunan harga daging dari awal bulan Ramadhan lalu, harga daging sapi dan kambing turun dari Rp. 120 ribu per kilogram menjadi Rp. 100 ribu per kilogram.

“Kali ini sama harga daging sapi dengan kambing, biasanya sebelumnya harga daging kambing lebih murah. Stok daging juga cukup, biasanya pedagang disini membeli Sapi lokal dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dan dipotong disini,” ungkapnya.

Sementara Pengawas Makanan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka, Rian Patriana mengatakan sidak ini dilakukan selain ke pasar tradisional dan pasar modern juga dilakukan ke toko penjual parsel Lebaran. Rian mengatakan sejumlah produk yang dijual masih menggunakan penomoran PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) yang lama yakni 12 digit.

“Padahal peraturan Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) yang baru penomoran PIRT harus 15 digit,” ujar Rian.

Rian mencontohkan di pasar modern Surya Toserba Jatiwangi ada penomoran PIRT yang tertukar antara produk kue kering dengan kacang.

“Untuk kue kering kode seharusnya 15, kacang harusnya 06, ini malah terbalik. Kami jadi curiga apakah nomornya benar atau asal-asalan,” ungkapnya.

Rian mengatakan bagi toko atau pedagang yang menjual produk kadaluarsa bisa dikenakan UU Perlindungan Konsumen dengan ancaman sanksi 2 tahun penjara denda sampai Rp. 200 juta bagi yang sengaja mengedarkan makanan yang kadaluarsa. (Abduh)

1773 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*