Disdik Majalengka setiap Sekolah Menggelar Pesantren Kilat Selama Ramadhan

MAJALENGKA (CT) – Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka telah meginsruksikan kepada seluruh sekolah untuk mengisi waktu liburan ramadhan dengan kegiatan keagamaan, misalnya dengan menggelar pesantren kilat.

Pesantren kilat tersebut, diharapkan tidak hanya sebatas seremonial belaka, tapi mesti ada ilmu yang membekas bagi para peserta setelah mengikuti kegiatan ini.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh Wakil Bupati Majalengka H Karna Sobahi, yang memonitor pelaksanaan pesantren kilat di sejumlah sekolah tingkat STLA dan SMP, sejak gelaran pesantren kilat dilaksanakan per awal bulan Juli ini.

Menurut Wabup Karna, saat mengunjungi sejumlah pesantren kilat di beberapa sekolah, dirinya merasa prihatin dengan masih minimnya pemahaman keagamaan di kalangan para peserta ddik.

Misalnya, ketika mengambil sampel siswa untuk dites memimpin shalat, kebanyakan dari mereka hanya menguasai bacaan surat-surat pendek yang minim,

“Waktu saya tes sampel siswa di salah satu SMA, disuruh mempraktektan bacaan shalat. Memang bacaan shalatnya sih sudah lumayan, tapi hampir semua siswa memperagakan bacaan surat pendek setelah Al-Fatihah, pasti bacaanya surat Al-Ikhlas lagi. Terus dicari sampel lain, bacaan suratya sama, itu lagi itu lagi,” ungkapnya, Minggu (05/07) saat monitoring pesantren kilat di beberapa SMA dan SMK di Majalengka.

Wabup Karna mengatakan untuk siswa setara SLTA, setidaknya perbendaharaan hafalan surat-surat pendeknya mestinya bisa menguasai separuhnya dari seluruh surat-surat pendek yang ada di dalam juz amma, atau juz ke-30 dalam AL-Quran.

“Anak anak itu hafalannya kuat, jadi harus mulai dibiasakan menghafal surat lainnya yang lebih panjang,” tukasnya. (Abduh)

1896 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*