Disdukcapil Kab. Majalengka Kekurangan Tinta untuk Cetak KTP

Ilustrasi

Majalengkatrust.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Majalengka kekurangan tinta untuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk, sementara jumlah pemohon Kartu Tanda Penduduk setiap harinya mencapai ratusan orang.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Majalengka, H. Sadili yang didampingi stafnya Karnen, Minggu (18/09) tinta untuk pencetakan KTP sementara ini terpaksa meminjam dari kabupaten/ kota terdekat. Bila tinta sudah datang dari Provinsi Jawa Barat, baru tinta pinjaman diganti ke kabupaten/ kota tersebut.

Kekurangan tinta tersebut menurutnya sering terjadi, karena pengadaan tinta KTP ataupun blanko KTP tidak dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten, melainkan oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk pengadaan blanko.

“Saat ini blanko KTP sudah habis dan rencananya Senin (19/09) akan mengajukan permohonan tambahan blanko ke Kementrian Dalam Negeri. Untuk blanko KTP sendiri relatif mudah, diperoleh begitu mengajukan bisa langsung dikirim, lain halnya dengan tinta yang sering mengalami keterlambatan,” ujar Sadili

Kini begitu dibuka pelayanan di hari libur mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, serta adanya pelayanan perekaman data kependudukan di Alun-alun Kota Majalengka setiap hari Minggu, para pemohon KTP semakin banyak, terutama peserta baru. Setiap hari Minggu, minimal ada 100 hingga 300 orang pemohon yang minta untuk dilakukan perekaman. Sedangkan pencetakan setiap hari dilakukan guna mengejar penyelesaian tunggakan pencetakan KTP, selama blanko dan tinta tersedia.

“Pada hari Minggu ini ada sebanyak 100 orang lebih, pada hari Minggu sebelumnya mencapai ratusan orang yang melakukan perekaman di Alun-alun, hanya saja di lokasi terbuka sering mengalami kendala akses, karena kondisi yang cukup terang mempengaruhi akses ke jaringan,” ujar seorang operator Didi. (Abduh)

4458 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*