Dishub Kabupaten Majalengka Perketat Berkala terhadap Kendaraan Umum

MAJALENGKA (CT) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dihubkominfo) Kabupaten Majalengka, tengah memperketat uji berkala kendaraan angkutan (Uji KIR). Hal ini, dimaksudkan supaya kendaraan tersebut, aman dan layak, sehingga keselamatan penumpang dapat terjamin.

Uji kelayakan diberlakukan pada kendaraan angkutan umum yang hampir habis masa uji berkalanya. Ratusan kendaraan angkutan yang terdiri dari bus AKDP, elf dan termasuk angkutan perkotaan (Angkot), diperketat pengujian kendaraanya di laboratorium pengujian kendaraan bermotor komplek kantor Dishub Kabupaten Majalengka.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Majalengka, Maman Sutiman menjelaskan pemberlakukan pengujian kendaraan bermotor (kendaraan angkutan), sebetulnya bukan hanya dilakukan pada saat menjelang musim mudik lebaran saja. Akan tetapi, dilakukan secara berkala setiap enam bulan sekali terhadap setiap satu unit kendaraan angkutan.

“Berhubung saat ini menjelang musim arus mudik lebaran, maka kami mengkonsentrasikan pengujian kendaraan terhadap jenis kendaraan angkutan manusia, yang sedianya bakal digunakan sebagai kendaraan untuk mudik lebaran tahun, akan dimulai dalam beberapa hari lagi,” ujarnya, Selasa (07/07).

Maman mengatakan kendaraan yang diuji tersebut, di antaranya berupa angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP), bus ¾ trayek Rajagaluh-Cikarang-Bekasi, angkutan AKDP elf trayek Cikijing-Bandung, Rajagaluh-Cirebon, serta trayek angkutan perkotaan lokal yang melayani rute dalam wilayah Kabupaten Majalengka.

“Kami konsentrasikan pada kendaraan angkutan orang. Dinyatakan lulus uji, kami tempel stiker layak jalan di kendaraanya. Yang belum lulus, kami minta perbaiki dulu secara maksimal, hingga kondisinya menjadi lebih layak jalan,” jelasnya.

Maman menambahkan dalam menghadapi musim mudik lebaran ini, pihaknya tidak hanya memperketat sistem pengujian berkala terhadap kendaraan angkutan, yang masa berlaku pengujiannya segera habis. Tapi, juga akan memantau keberadaan kendaraan angkutan lainnya yang secara kasat mata terlihat kurang layak jalan. (Abduh)

3108 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*