Dishubkominfo Latih Perangkat Desa Gunakan Siladdu

MAJALENGKA (CT) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) melatih para operator desa dan perangkat desa penggunaan aplikasi sistem informasi pelayanan dan data desa terpadu (Siladdu) di aula Hotel Putra Jaya Jl.KH Abdul Halim, Senin (12/10).

“Kebutuhan data OPD dari desa difasilitasi di aplikasi Siladdu ini, Siladdu ini juga dipakai untuk administrasi desa,” kata Kadishubkominfo Maman Sutiman saat membuka Bintek.

Mantan Kabag Humas ini mengatakan fungsi Siladdu sebagai basis data desa. “Dengan Siladdu desa sebagai ujung tombak Pemkab untuk masalah data,” ungkapnya.

Sementara Kabid Kominfo Dishubkominfo Wawan Kurniawan mengatakan dengan aplikasi Siladdu diterapkan di desa-desa tujuannya agar Kabupaten Majalengka bisa memiliki basis data yang bottom up dari Desa.

“Siladdu ini terintegrasi dan terpadu bisa dimanfaatkan oleh pemerintahan ditingkat atasnya sampai Kementerian dan Pemerintah pusat selain oleh Pemkab sendiri,” jelas Wawan.

Wawan mengungkapkan paling awal saat ini Siladdu baru sampai pengumpulan data profil dan kependudukan desa serta potensi data.

Sementara itu perangkat desa Majasuka Kecamatan Palasah Ahmad Muzakir yang mengikuti Bintek Siladdu mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi Siladdu dalam memudahkan administrasi di desanya.

“Pemerintah Kabupaten juga sangat bagus perhatiannya terhadap pengembangan IT ke desa, semoga hal ini terus berlanjut,” ungkapnya. (Abduh)

2391 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*