Diskominfo Pasang Traffic Management Center di Titik Strategis

Majalengkatrust.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Majalengka, menerapkan traffic management control (TMC) untuk memantau arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri tahun 2017 ini.

“Hal tersebut akan memudahkan para pemudik yang akan melalui wilayah Majalengka untuk memantau titik-titik yang rawan kemacetan sehingga bisa mencari jalur alternatif yang tidak macet,” kata Kabid Pengembangan dan Pengendalian Informatika Dinas Kominfo Rahmat Kartono, Rabu (21/06).

Rahmat mengungkapkan para pemudik yang melintasi jalur alternatif via Majalengka menuju Cirebon dan Jawa Tengah bisa memantau langsung arus lalu-lintas di Majalengka melalui kamera CCTV (closed circuit television) yang terkoneksi internet dan bisa diakses di http://tmc.majalengkakab.go.id.

Kamera CCTV tersebut di pasang di tujuh tempat titik-titik strategis yang rawan kemacetan dan menjadi jalur utama pemudik melintasi wilayah Majalengka.

“Melalui CCTV ini pemudik bisa memantau titik-titik yang rawan macet yang akan dilewatinya dan bisa segera mengantisipasinya dengan berkoordinasi dengan petugas posko mudik Lebaran untuk mencari jalur alternatif,” jelasnya.

Rahmat mengatakan TMC melalui CCTV ini memiliki keunggulan salah satunya dilengkapi dengan sinar infra merah sehingga dapat merekam dan menampilkan gambar lebih jelas pada malam hari.

“TMC ini sudah bisa diakses dan dilihat di website http://tmc.majalengkakab.go.I’d melalui HP, Iphone, Blackberry, tablet dan smartphone lainnya yang berbasis android,” jelasnya.

Rahmat berharap adanya TMC ini bisa membantu kenyammanan para pemudik dan mengurangi kemacetan di beberapa titik yang rawan kemacetan.

“Melalui TMC juga pemudik bisa berkonsultasi dan bertanya tentang info bengkel, rest area, sarana ibadah dan kesehatan dan akan dijawab oleh operator yang stand by 24 jam,” jelasnya.

Titik yang dipasang TMC, antara lain, bundaran Kadipaten/simpang empat kadipaten, bundaran cigasong/simpang empat cigasong, simpang empat Cikijing, simpang empat Rajagaluh.

Serta simpang empat Jatiwangi, simpang empat Panjalin dan simpang empat pintu tol Sumberjaya/tol gate Sumberjaya.

“Dan tahun ini kita akan tambah 1 titik baru di pertigaan tol gate Cipali Kertajati,” pungkas dia. (Abduh)

1629 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*