Disparbud Jabar Kunjungi Museum Kerajaan Talaga Manggung

MAJALENGKA (CT) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan ke Museum Kerajaan Talaga Manggung di Desa Talaga Wetan Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka, Rabu (02/09).

Kepala Bagian Perencanaan Disparbud Provinsi Jabar, Agus P. mengatakan kunjungan ini merupakan kepedulian  terhadap khasanah budaya Talaga Manggung yang sampai saat ini terus dilestarikan.

“Kami juga prihatin dengan keadaan gedung museum yang kondisinya perlu direnovas agar memenuhi standar museum nasional,” ujar Agus.

Agus mengatakan pihaknya juga kagum dengan adanya peninggalan sejarah, batu palungguhan yang disinyalir dipergunakan mulai abad ke 14, yang berfungsi untuk penobatan raja dan putra mahkota kerajaan Talaga.dan masih terjaganya dan merupakan peninggalan sejarah yang bernilai tinggi.

Tamu rombongan dari Disparbud Provinsi Jabar diterima oleh, H Asep Deni Hadian yang merupakan Budayawan Talaga dan H Tatan Hartono SH ketua Padepokan Talaga Manggung.

Budayawan Talaga, H Asep Deni Hadian mengatakan kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan bagi para budayawan daerah yang peduli pada pelestarian sejarah dan budaya, H Asep mengharapkan adanya tindak lanjut dari hasil kunjungan ini pada dampak pembangunan dan peningkatan mutu pelestarian sejarah.

Sementara itu ketua Padepokan Talaga Manggung, H Tatan Hartono SH mengatakan hal ini adalah buah dari kebersamaan antara pamong pengurus padepokan,budayawan dan elemen masyarakat dalam melestarikan budaya dan sejarah Kerajaan Talaga Manggung,hingga mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat luas dan pemerintah.

“Kami mengajak semua steakholders untuk terus menjaga dan mengembangkan budaya leluhur yang kaya akan nilai nilai sejarah,” ucapnya. (Abduh)

3048 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*