DPC PDI Perjuangan Majalengka Peringati Hari Lahir Pancasila

MAJALENGKA (CT) – Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Majalengka H. Sutrisno menghadiri sekaligus memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni di halaman kantor DPC PDI Perjuangan Jalan Pemuda Majalengka, Rabu (01/06).

“Pada 1 Juni 1945, Bung Karno mengumandangkan sebuah pidato maha penting di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Pidato yang kemudian dirumuskan dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 merupakan nilai nilai Pancasila yang digali Bung Karno dari persada nusantara,” kata Sutrisno.

Sutrisno yang juga Bupati Majalengka ini dalam sambutannya menyampaikan amanat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarno Putri.

“Pidato tersebut sangat penting bagi bangsa dengan alasan pertama, Pancasila telah menjadi norma fundamen, filsafat, pikiran yang sejernih jernihnya, jiwa serta hasrat yang sedalam dalamnya untuk diatasnya didirikan gedung Indonesia Merdeka yang kekal dan abadi. Dasar yang diperlukan sebagai syarat agar kita bisa mengklaim diri sebagai sebuah negara merdeka,” ungkapnya.

Dalam kedudukan yang demikian menurut dia, Pancasila telah nenjadi roh yang membimbing arah perjuangan mencapai Indonesia yang merdeka dan berdaulat penuh. Tapi lebih dari itu Pancasila telah menjadi bintang penuntun bagi bangsa Indonesia dalam mengarungi kehidupan.

“Kemudian Pancasila telah berfungsi sebagai alat yang paling efektif mempertautkan bangsa yang bhinneka ke dalam ke-ika-an yang kokoh,” pungkasnya. (Abduh)

1539 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*