Edukasi Masyarakat, KPU Majalengka Launching Rumah Pintar Pemilu

Majalengkatrust.com – Ketua KPU Kabupaten Majalengka Supriyatna mengatakan pihaknya mendirikan Rumah pintar Pemilu ini dalam rangka mengedukasi masyarakat, agar terjadi peningkatan partisipasi masyarakat
dalam pemilu.

“Rumah pintar pemilu ini dipersiapkan selama tiga bulan. Frame Pilkada ini selalu ada penurunan partisipasi pemilih dari sisi kualitas dan kuantitas, makanya digagas dan dibentuk rumah pintar pemilu,” ungkap Supriyatna saat launching Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Majalengka Jalan Gerakan Koperasi, Kamis (30/03).

Selain itu, lanjut dia, Rumah Pintar Pemilu ini dalam rangka memberikan akses bagi masyarakat dan partai politik untuk mengakses tahapan Pilkada.

“Di KPU ada pejabat PPID dan rumah pintar pemilu yang hari ini akan diresmikan supaya masyarakat bisa lebih cerdas, pandai memilah, cerdas memilih dalam pemahaman kepemiluan dan demokrasi,” ungkap Supriyatna.

“Apalagi tahun 2017, 2018 dan 2019 merupakan tahun politik, dimana akan menghadapi Pilkada serentak Bupati dan Gubernur yang tahapannya akan dimulai Agustus tahun ini,” tambah dia.

Rumah Pintar Pemilu ini, lanjut dia, semoga bermanfaat terutama kepada Parpol, masyarakat, mahasiswa, LSM dan lain-lain.

Dikatakan dia, di rumah pintar ini juga menyajikan mulai sejarah pemilu 1955 sampai yang terakhir termasuk tahapan Pilkada, Pileg dan Pilpres.

Wakil Bupati Majalengka H. Karna Sobahi mengatakan, diharapkan dengan adanya Rumah Pintar Pemilu menjadi Center untuk mengedukasi kepemiluan baik Pilkada, Pileg maupun Pilpres.

“Dari rumah pintar ini akan ada informasi-informasi menarik bagi masyarakat tentang Pemilu, sehingga partisipasi pemilih tidak menurun di Majalengka namun bertambah naik,” ujar Wabup Karna. (Abduh)

1215 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*