Gandeng RTIK, Dishubkominfo Pasang TMC di Jalur Mudik

MAJALENGKA (CT) – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (RTIK) Kabupaten Majalengka memasang Traffic Management Control (TMC) di sejumlah titik arus mudik termasuk gerbang tol Sumberjaya Tol Cipali.

“Alasan dipasang di gerbang Tol Sumberjaya jalan Tol Cipali karena merupakan arus utama keluar masuk jalur alternatif mudik pintu tol di Kabupaten Majalengka,”kata Kasi Pos dan Telekomunikasi Dishubkominfo Indra Budiman, Rabu (15/06).

Indra menjelaskan TMC dengan camera yang bisa diputar 360 jam bisa memungkinkan pantauan Dishubkominfo jadi lebih leluasa dan mudah untuk mengambil keputusan
pengalihan arus jika terjadi kemacetan dengan koordinasi yang cepat dan tepat.

“Sehingga kemacetan bisa segera terurai dan mudik pun nyaman,”ungkapnya.

Selain itu lanjut dia, persiapan rambu-rambu lalu lintas oleh Dinas Perhubungan, Komikasi dan Informatila (Dishubkominfo) Majalengka menjelang Hari Raya Idul Fitri 2016 dalam arus mudik maupun arus balik, dipastikan terpasang titik rambu-rambu lalu lintas petunjuk jalan. Seperti Rambu Pendahulu Petunjuk Jalan (RPPJ), Trafic kolren (pembatas jalan), wartel korel (jenis rambu kerucut) dan warning light (lampu peringatan).

Juga tersedia fasilitas bagi pemudik yang melintas Kabupaten Majalengka ingin mengetahui kondisi keadaan arus lalu lintas jalan bisa langsung mengakses via internet dengan mengklik web. www.tmc.majalengkakab.go.id karena telah terpasang Traffic Monitor Camera (TMC) di 6 titik.

Ia mengatakan hari ini TMC dipastikan sudah terpasang ditiap titik hingga malam hari nanti dan menyiapkan cadangan rambu bilamana ada perubahan.

“Persiapan pemasangan kami kerja tim, dipastikan ditiap titik juga termasuk jalan alternatif dan rambu informasi lalu lintas sebagai petunjuk arah,” katanya.

Indra mengatakan pemasangan Traffic Monitor Camera (TMC) di 6 titik yaitu, diperempatan Kadipaten, Gerbang Tol Cipali exit gate Sumberjaya, Rajagaluh, Pertigaan Jatiwangi, Bunderan Munjul dan Bunderan Cigasong.

“Di Bunderan Munjul dan Jatiwangi, TMC direncakan akan dipindahkan, kemungkinan di gerbang keluar tol Cikapali, melihat titik kepadatan arus mudik, nanti pemudik bisa langsung mengakses informasi dan gambarnya dengan layanan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Majalengka kita menggunakan sejenis CCTV yaitu Traffic Monitor Camera (TMC) atau bisa langsung di akses via internet www.tmc.majalengkakab.go.id ini bisa langsung memantau kondisi lalu lintas arus perempatan,” paparnya.

Dia mengatakan TMC ini akan sangat berguna bagi para pemudik lebaran yang akan melalui jalur alternatife via Majalengka menuju Cirebon dan Jawa Tengah, kini bisa melihat memantau secara langsung arus lalu lintas di Majalengka melalui CCTV yang terkoneksi dengan internet yang bisa diakses di http://tmc.majalengkakab.go.I’d

“TMC itu untuk memudahkan melakukan pemantauan arus mudik dan balik Lebaran. Sehingga jika terjadi kemacetan bisa segera diantisipasi dengan cara melakukan koordinasi dengan petugas Posko Mudik Lebaran,” katanya.

Dia menambahkan, fasilitas TMC ini memiliki keunggulan, salah satunya dengan dilengkapi sinar infra merah sehingga dapat merekam dan menampilkan gambar lebih jelas pada malam hari.

“Untuk CCTV di perempatan Kadipaten, Sumberjaya, dan Cigasong dan Rajagaluh, sudah bisa dilihat dan diakses di website http//tmc.majalengkakab.go.id melalui HP, Blackberry, smartphone jenis Iphone atau android,” ungkapnya.

Dia berharap sesuai target pemasangan TMC ini bisa membantu memberikan informasi kepada para pemudik tentang titik-titik yang rawan kemacetan di Majalengka.

Pengurus RTIK Majalengka Herry Supriyadi,ST alias Papih Kumis berharap pemasangan TMC ini untuk semua masyarakat semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat khusus pengguna lalin di arus mudik.

“Penggiat TIK dari Majalengka selalu optimis bersama membangun masyarakat informasi indonesia,” tukasnya. (Abduh)

1476 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*