Gathering Komunitas Sambil Bantu Warga Kekeringan, Kenapa Tidak?

MAJALENGKA (CT) – Beberapa komunitas di Majalengka yakni Ngetrip_Mjlk, Rangrang Patali, Navigasi, Reptil Majalengka A Sares CSP, menggelar bakti sosial memberikan bantuan air bersih di Desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong, Minggu (25/10).

Bantuan ini dilakukan untuk membantu warga yang mengalami kekeringan. “Bantuan air bersih yang kami salurkan sebanyak 5000 liter tersebut diberikan kepada warga masyarakat yang berada di Desa Tenjolayar Kecamatan Cigasong. Kami berharap bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mengalami kekeringan,” ujar salah seorang anggota komunitas @ngetrip_Mjlk, Ade Slamet.

Disebutkan, bantuan air bersih yang diberikan kepada masyarakat Desa Tenjolayar sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap sesama khususnya warga yang benar-benar membutuhkan air bersih pada musim kemarau tahun ini.

Hasilnya cukup membantu. Mereka mampu melayani sekitar 300 kepala keluarga (KK). Sebanyak 300 KK tersebut tersebar di Blok Mekarsari dan Mekarmulya. Komunitas Ngetrip_Mjkl mendapat air dari PDAM setempat. Mereka membayar PDAM supaya mengisi bak-bak penampungan umum. Aksi sosial ini akan berlangsung sampai dua hari kedepan.

Selain mengisi bak penampungan, Komunitas ini menyedekahkan 2 tangki air minum, masing-masing tangki diisi 3.000 liter. Harga per tangki air Rp. 250 ribu. “Itu harga yang didapat jika pesan langsung di kantor PDAM. Tapi jika pesan disupir (supir mobil tangki PDAM, red), bisa Rp 300 ribu hingga Rp 350 ribu per tangki,” ungkap Ade.

Ade menambahkan, mereka sangat prihatin atas kondisi warga di lokasi tersebut. “Semoga dengan bantuan air bersih ini dapat membantu warga sekitar,” ujarnya.

Warga memang mengharapkan air hujan. Jadi ketika hujan tidak turun, jadi bingung mau ambil air di mana,” tutur Didi Sardi Kasie Pemerintahan Desa Tenjolayar.

Sementara Kepala Desa Tenjolayar, Hj Enung Siti Nurhasanah mengatakan, kekeringan di daerahnya sudah berangsur selama 5 bulan terakhir dan hingga kini belum ada hujan. Bantuan air bersih dari komunitas-komunitas ini sangat membantu warga sekitar yang memang membutuhkan air bersih.

“Selama ini jika membutuhkan air bersih biasanya beli dari tangki dengan harga Rp. 100 ribu per tangki. Itupun tidak semuanya warga bisa membelinya. Tetapi dengan bantuan ini sangat bermanfaat dan membantu warga yang membutuhan air bersih karena kondisi di sini memang cukup kering,” tegas Enung.

Enung mengucapkan banyak terima kasih karena beberapa komunitas yang ada di Majalengka sudah memberikan bantuan air bersih , menurut beliau warganya sangat antusias dengan adanya bantuan ini, Beliau berharap ada komunitas lain yang turut membantu memberikan air bersih ke wilayahnya. (Abduh)

2028 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*