Gelar Lomba Masak, Bupati Sutrisno Imbau Warga Gemar Konsumsi Ikan

MAJALENGKA (CT) – Bupati Majalengka H. Sutrisno mengimbau masyarakat Kabupaten Majalengka agar gemar mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan. Karena dari sisi kesehatan ikan dikenal sejak dulu sebagai bahan sumber protein yang perlu dikonsumsi oleh masyarakat.

“Gemar mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan merupakan momentum yang sangat penting dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang kuat, sehat, cerdas dan berpenampilan prima sekaligus membangun karakter bangsa, yakni mencerdaskan masyarakat secara fisik dan mental dengan mengkonsumsi ikan,” kata Bupati saat membuka Lomba Masak Makanan Berbahan Dasar Ikan di aula SKB, Senin (10/08).

Ia mengatakan Gemarikan sebagai gerakan nasional dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa seperti instansi pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, swasta, LSM, asosiasi, lembaga profesional, lembaga/organisasi kemasyarakatan, lembaga keagamaan dan pelaku usaha.

“Ruang lingkup Gemarikan adalah penyebarluasan informasi dan penguatan edukasi kepada masyarakat luas tentang ikan dan manfaatnya bagi kesehatan, kekuatan, dan kecerdasan melalui berbagai kegiatan promosi, pemberian makanan tambahan berbahan baku ikan (PMTAS), ceramah, seminar, simposium manfaat makan ikan, penyebarluasan materi promosi, keikutsertaan pada pameran, iklan layanan masyarakat, talkshow serta lomba masak serba ikan,” jelasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Majalengka Hj. Indrawati Sutrisno, SE mengingat pentingnya konsumsi ikan oleh masyarakat dalam membentuk pola hidup sehat saya menyambut baik digelarkan lomba masak serba ikan ini. “Perlu dilakukan mendorong upaya konsumsi ikan, melalui lomba ini semoga mengkonsumsi ikan semakin meningkat,” jelasnya.

Ketua penyelenggara Ny. Hj. Wiwinudin mengatakan lomba masak serba ikan diikuti 26 kecamatan dan merupakan salah satu program kerja TP PKK 2015. “Gerakan ini bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan. Dalam implementasinya, memperkenalkan menu berdasar ikan kepada masyarakat dan mendorong tumbuhnya kuliner berbahan dasar ikan di Majalengka,” ujarnya.

Ia mengatakan juara lomba masak tingkat Kabupaten Majalengka akan diikutkan di lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat 12 Agustus 2015 mendatang. (Abduh)

1833 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*