Gubernur Aher: BIJB Akan Membawa Dampak Positif Bagi Masyarakat Jawa Barat

BANDUNG (CT) – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan atau yang akrab disapa, Aher mengatakan BIJB akan membawa dampak positif bagi dunia penerbangan, dunia usaha dan masyarakat Jawa Barat.

“Saat Banten belum pisah, Soekarno Hatta bisa diklaim, meskipun dari Ciamis, Pangandaran bisa 12 jam. Sejak 2002 Banten pisah, kegalauan Jawa Barat tidak punya Bandara besar dan saat 2008 saya menjadi Gubernur mulai 2009 dilakukan pembebasan lahan,” ungkap Gubernur Aher saat Airlines Gathering BIJB 2016 di Grand Ballroom The Trans Luxury Hotel Jalan Gatot Subroto, Bandung, Jumat (28/10).

Aher mengatakan untuk proses pembangunan BIJB tahun 2014 hanya dapat Rp. 10 milyar dari APBN dan tahun 2016 mendapat Rp. 15 milyar dari APBN.

“Dan sejak Presiden Jokowi datang ke BIJB sempat menyanggupi pembiayaan dari APBN dan ternyata APBN tidak jadi. Namun tidak akan ada sebuah BUMN menjadi investor untuk membangun sisi darat dan saham Pemprov dari 70 persen di PT BIJB akan turun menjadi 51 persen,” ungkap Aher.

“Mudah-mudahan awal 2018 sudah beroperasi dan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia,” tambah Aher.

Dikatakan dia, 3.200 hektare sekitarnya akan dibangun aerocity yang merupakan kawasan industri ramah lingkungan yang bersinggungan dengan Cirebon, Kuningan, Majalengka, Indramayu dan Subang dan Sumedang,” ungkapnya.

“Kertajati yang strategis ini akan digunakan 2/3 Jawa Barat, sepertiga Jateng bagian barat dan Jawa Timur juga dekat,” ungkap Aher.

Dirut PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan BIJB akan menampung 5,6 juta penumpang dengan estimasi 2,7 juta penumpang di tahun-tahun pertama.

“Kami memvalidasi dengan Telkom dengan pengelolaan data pergerakan orang Bandung dan kabupaten/kota lain dari Bandara Husein, ke Soekarano Hatta dan lainnya semakin ke bawah semakin besar jumlahnya, ini gambaran kebutuhan rute warga Jawa Barat,” ungkapnya. (Abduh)

2073 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*