Gunakan Smartphone, Bhabinkamtibmas Akan Datangi Rumah Warga yang Mangkir Pajak Kendaraan

MAJALENGKA (CT) – Inovasi dan terobosan baru, dilakukan oleh Dispenda yaitu bagi yang menunggak pajak kendaraan, siap-siap bakal didatangi anggota Bhabinkamtibmas Polres Majalengka.

Para Bhabinkamtibmas ini akan terjun langsung ke rumah warga untuk mengingatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Namun sebelum terjun ke masyarakat, para Bhabinkamtibmas ini pun terlebih dahulu dibekali Smartphone yang dilengkapi aplikasi, terkait data para Wajib Pajak (WP) sesuai nama dan alamatnya.

“Dalam program tersebut, tercatat banyak pemilik kendaraan yang menunggak pajak dari mulai bulanan sampai lebih dari satu tahun,” kata Kepala Dispenda Provinsi Jabar Wilayah Kabupaten Majalengka, H Abdurachman,SE.,MSi, Rabu (06/04).

Menurutnya, program nasional ini yang bekerjasama antara Dispenda dan Polri itu dilakukan untuk mengingatkan pemilik kendaraan, agar membayar pajak kendaraan tepat waktu dan mengetahui keberadaan kendaraan yang tidak melakukan kewajibannya. Mengingat jumlah potensi kendaraan bermotor di Majalengka, baik roda dua maupun roda empat mencapai 331.281 unit.

Sementara itu, lanjut dia, kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang (KTMDU) atau yang mangkir pajak sebanyak 97.386 unit, dan kendaraan yang belum melakukan daftar ulang (KBMDU) sebanyak 9.130 kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Angka itu didominasi diakibatkan kurangnya kesadaran wajib pajak, tentang pentingnya pajak yang mereka bayarkan terhadap berlangsungnya pembangunan,”imbuhnya.

Nantinya, kata dia, penunggak pajak kendaraan bermotor yang didatangi anggota Bhabinkamtibamas diminta untuk membayar. Dengan adanya program tersebut, dia berharap masyarakat tidak lagi menunggak pajak kendaraan bermotor.

“Kegiatan ini sekaligus untuk mensosialisasikan adanya Samsat Gendong (Samdong), nantinya bagi warga yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraannya, bisa dilakukan jemput bola, para WP bisa berkoordinasi langsung dengan Bhabinkamtibmas masing masing. Nanti kami dari Samsat yang akan mendatangi warga,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Majalengka, AKBP Yudhi Sulistianto Wahid,S.Ik, menyambut baik adanya program tersebut. Dan ada sekitar kurang lebih 140 Bhabinkamtibmas Polres Majalengka yang bakal diterjunkan, untuk membantu mengingatkan para warga yang mangkir membayar pajak kendaraan bermotornya.

“Kurang lebih 140 Bhabinkamtibmas, yang akan memberikan bekal pengetahuan bagi segenap komponen masyarakat, selain dalam upaya penciptaan ketentraman dan keamanan masyarakat, juga untuk mengingatkan kepada warga yang menunggak pajak kendaraan,” ujar Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan bahwa dalam upaya menciptakan taat pajak dan penciptaan situasi aman dan nyaman bagi warga masyarakat, dibutuhkan suatu kesadaran yang tinggi bagi segenap komponen masyarakat itu sendiri.

“Karena kewjiban mereka membayar pajak, dana yang terhimpun, ini nantinya akan dipakai untuk menggerakan pembangunan, dan tak lepas juga dengan situasi kamtibmas yang kondusif maka akan tercipta percepatan pembangunan di suatu wilayah,” imbuhnya. (Abduh)

762 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*