Gunung Buligir Jadi Destinasi Wisata Favorit Baru di Majalengka

Majalengkatrust.com – Sejuta keindahan alam Kabupaten Majalengka yang terkenal dengan “1000 air terjun” kini bertambah lagi. Destinasi wisata baru yang sangat keren ini yaitu Gunung Batu Buligir di Blok Sukanagara, Desa Siliwangi, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka.

“Gunung Batu Buligir ini ada dua, yang ‘laki-laki’ terletak di tetangga Desa, Desa Cimanggu, dan yang di sini ‘perempuan’ yang memiliki ciri khas unik, yaitu berlubang,” ungkap Dea Ardiwan Kepala Desa Cimanggu, Kamis (15/12).

Dea menambahkan, keunikan lain Gunung batu Buligir yang memiliki luas 14 hektare tersebut, adalah batunya sangat kuat dan tidak mempan dihancurkan dengan alat berat. Selain itu, jika batunya diinjak akan mengeluarkan suara khas, dan berbeda dengan bunyi yang akan dikeluarkan oleh gunung Buligir “laki-laki”.

“Apalagi puncak gunungnya sangat bagus dan luas, cocok untuk wisata alam. Rencana kami akan kembangkan dan akan dibagi kaveling jadi 6 blok,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Camat Bantarujeg, Andi Hermawan mengatakan di wilayahnya ada beberapa potensi yang belum dimaksimalkan, termasuk potensi wisata.

Selain Gunung Buligir, lanjut dia, ada sentra Jagung terbesar di Sukamenak, Tembakau di Babakansari dan lainnya.

“Objek wisata ini bisa dikelola oleh Bumdes, sehingga menjadi PAD Desa dengan mendirikan Bumdes Wisata, yang bisa menjadi labsite atau pilot project,” ungkap Camat Andi.

Sementara itu Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Majalengka, H. Asep Fardhan Suryawirawan mengatakan, untuk mengembangkan wisata, selain karena potensinya, juga butuh kesiapan masyarakat lokalnya, termasuk stakeholders.

“Karena pariwisata sekarang ini menjadi program pemerintah pusat dan daerah, yang diharapkan bermanfaat bagi perekonomian masyarakat,” jelasnya. (Abduh)

5445 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*