Gunung Ciremai Kebakaran, Penyebabnya Belum Jelas

MAJALENGKA (CT) – Wilayah hutan gunung Ciremai yang masuk wilayah Kabupaten Majalengka mengalami kebakaran, Jumat (14/08).

Menurut anggota pecinta alam CAGAR Majalengka, Iwan Setia kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 18.00 wib di daerah Sanghiang Rangka dekat Pos 5 jalur pendakian Apuy Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.

“Kebakaran terjadi di ketinggian sekitar 2.700 meter di atas permukaan laut (mdpl),” ungkap Iwan kepada CT, Jumat (14/08) malam.

Namun Iwan mengatakan penyebab kebakaran sampai saat ini belum bisa dipastikan, namun di musim kemarau seperti ini biasanya menurut Iwan kebakaran terjadi akibat gesekan dahan kayu, api unggun, puntung rokok dan lainnya.

Hal senada dikatakan anggota pecinta alam Resque 724 Bicky Manatulah, ia mengatakan kebakaran tidak hanya terjadi di wilayah Apuy namun merembet ke Gunung Dulang yaitu anak gunung Ciremai di sekitar wilayaH Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka.

“Info dari Ranger Gunung Ciremai sampai saat ini api belum padam, kalau api sampai besok belum padam, pagi-pagi kami rencana bersama teman-teman akan naik ke atas untuk membantu memadamkan api,” ungkap Bicky.

Sementara Kepala Seksi Perlindungan Wilayah II Majalengka Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) Adi Sularso ketika dicoba dikonfirmasi melalui sambungan telepon selulernya tidak menyambung dan dalam nada sibuk dan tidak aktif. (Abduh)

41508 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

Leave a Reply

*