H-2 Arus Lalin di Jalur Utama Majalengka Mulai Padat dan Ramai

MAJALENGKA (CT) – H-2 menjelang Lebaran Idul Fitri 1436 H, arus lalu lintas di jalur utama Majalengka seperti jalur Kadipaten Cirebon dan Jalur Kadipaten-Cikijing mulai ramai dan padat.

Petugas Polres Majalengka dipimpin langsung Kapolres AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, S.Ik bersama Wakapolres Kompol Handrio Wicaksono, S.Ik, dibantu petugas Dinas Perhubungan yang ada diperempatan lampu merah Kadipaten mengatur lalu lintas arus mudik Lebaran.

Kendaraan pemudik yang datang dari arah Bandung, diarahkan sesuai dengan jumlah lonjakan kendaraan di perempatan lampu merah tersebut, pada saat jalur arah menuju Cirebon padat maka kendaraan dialihkan ke arah kota Majalengka. Pengalihan arus kendaraan pemudik pada H-3 ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang timbul.

“Kami menutup dan mematikan lampu merah dan petugas langsung mengatur arus lalu lintas sebagai upaya antisipasi kemacetan,” kata Kapolres AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, S.Ikmelalui Kabag Ops Polres Majalengka Kompol Jhonson Madui.

Pantauan CT Memasuki H-2 ini, arus mudik yang masuk ke wilayah Majalengka masih didominasi oleh kendaraan pribadi dari Jakarta menuju arah timur kota Majalengka yang keluar dari exit Tol Kertajati, dan exit tol Sumberjaya serta diprediksi puncak kemacetan dimulai hari ini hingga besok.

Selain itu untuk mengatasi puncak kemacetan Kompol Jhonson mengatakan pihaknya melakukan rekayasa pengalihan lalu-lintas yakni kendaraan dari Cikamurang- Kertajati dan Jatitujuh di Kadipaten menuju arah kota Majalengka dan arah ke Bandung diarahkan melewati Jalan Brawijaya putar balik di Ciputis Dawuan.

“Kami sarankan para pemudik melewati jalur alternatif tersebut untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalur utama,” jelasnya.

Kemudian lanjut dia, dalam mengantisipasi kemacetan tersebut pihaknya melakukan rekayasa jalan dengan membuat satu jalur di jalur tengah yang dilintasi Kabupaten Majalengka tersebut. “Kalau kendaraan yang datang dari Bandung menuju Cirebon atau Jawa Tengah, tetap menggunakan jalur tengah,” katanya.

Sedangkan bagi kendaraan yang datang dari Cirebon menuju Bandung, sambung dia, akan diarahkan dari Prapatan Sumberjaya menuju Leuwimunding-Karangasem-Palasah dan keluar di Desa Sindangwasa Kecamatan Palasah.

“Kami hanya menyarankan bagi kendaraan yang berasal dari Bandung atau dari Cirebon menuju Bandung, supaya tidak terjebak macet, agar menggunakan jalur alternatif dengan melintasi Kadipaten-Majalengka-Rajagaluh-Sumber Cirebon, pengalihan ini untuk jalur agar pengguna kendaraan yang menggunakan Tol Cipali tidak bertumpuk,” ujarnya. (Abduh)

2598 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*