H+3 Arus Balik di Majalengka Padat Merayap, Pengalihan Jalan Dilakukan

MAJALENGKA (CT) – Arus balik H+3 di sejumlah ruas jalan utama di wilayah Kabupaten Majalengka padat merayap sehingga mengakibatkan sejumlah kemacetan panjang yang membuat arus balik dialihkan ke sejumlah jalan alternatif.

“Di perempatan lampu merah Kadipaten arus balik padat merayap, upaya mengurai kemacetan dengan rekayasa jalan dialihkan dari Bandung belok kiri langsung ke Tol Cipali dan Ciputis,” kata Kapolres Majalengka AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, S.Ik melalui Padal PosPam Kadipaten Iptu Baban Sobandi, Senin (20/07).

Menurutnya Petugas Kepolisian Resor Majalengka harus mengalihkan arus kendaraan mudik dari arah Bandung menuju Cirebon, dan begitu juga sebaliknya. Hal Ini bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan dan lonjakan jumlah kendaraan yang terkonsentrasi di perempatan Kadipaten.

Ia mengatakan petugas Polres Majalengka, dibantu petugas Dinas Perhubungan yang ada diperempatan lampu merah Kadipaten mengatur lalu lintas arus mudik Lebaran, setelah petugas sengaja mematikan lampu merah.

Kendaraan pemudik yang datang dari arah Bandung, diarahkan sesuai dengan jumlah lonjakan kendaraan di perempatan lampu merah tersebut, pada saat jalur arah menuju Cirebon padat maka kendaraan dialihkan ke arah kota Majalengka.

Pengalihan arus kendaraan pemudik pada H+3 ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan yang timbul.

“Kami menutup dan mematikan lampu merah dan petugas langsung mengatur arus lalu lintas sebagai upaya antisipasi kemacetan. Memasuki H+3 ini, arus balik yang masuk ke wilayah Majalengka masih didominasi oleh kendaraan pribadi menuju Jakarta dan Bandung,” ungkapnya

Selain itu untuk mengatasi puncak kemacetan Ia mengatakan pihaknya melakukan rekayasa pengalihan lalu-lintas yakni kendaraan dari Cikamurang- Kertajati dan Jatitujuh di Kadipaten menuju arah kota Majalengka dan arah ke Bandung diarahkan ke tol Cipali dan melewati Jalan Brawijaya putar balik di Ciputis Dawuan.

“Kami sarankan para pemudik melewati jalur alternatif tersebut untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalur utama,” jelasnya.

Kepadatan arus balik H+3 juga masih terjadi di wilayah selatan Majalengka terutama di pertigaan Cikijing-Kuningan-Ciamis, dimana kemacetan terjadi dan membentang sejak Sindangpanji-Pasar Cikijing-Pertigaan Cikijing hingga depan Puskesmas Cikijing kurang lebih sepanjang 7 kilometer.

“Terpaksa menggunakan jalan alternatif memutar ke jalan desa yang sempit daripada lewat pasar dan pertigaan Cikijing lebih dari 1 jam,” kata Gungun (37) pemudik warga Kuningan yang akan ke Bandung. (Abduh)

1998 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*