Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik Jelang Tahun Baru, Ini Beberapa Penyebabnya

MAJALENGKA (CT) – Menjelang Tahun Baru 2016, sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Majalengka cenderung naik. Kenaikan tak hanya akibat tingginya permintaan dan lambatnya distibusi karena lalulintas macet, tapi juga kondisi cuaca di beberapa daerah.

“Hampir semuanya harga kebutuhan pokok naik sejak Libur Natal dan menjelang tahu baru, penyebabnya diduga kondisi cuaca di beberapa daerah pemasok yang tak menentu,” keluh Entin (46), pedagang sayuran di Pasar Tradisional Talaga Majalengka, Minggu (27/12).

Menurutnya, kenaikan bisa mencapai beberapa kali lipat dibandingkan harga sebelumnya, seperti, bawang merah dari sebelumnya hanya Rp 18 ribu per kilogram sekarang Rp 25 ribu per Kilogram.

Hal senada dikatakan Ny. Atik, pedagang sembako di Pasar Talaga, harga telur dari sebelumnya hanya Rp 18 ribu per Kilogram kini Rp 22 ribu per Kilogram, bawang merah dari sebelumnya hanya Rp 15 ribu per Kilogram kini Rp. 22.500 sampai Rp 25 ribu per Kilogram, bawang putih sebelumnya hanya Rp 15 ribu per Kilogram sekarang bisa mencapai Rp 20 ribu hingga Rp 23 ribu per Kilogram, juga tomat dari Rp 5 ribu per Kilogram sekarang bisa mencapai Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu per Kilogram.

“Banyak pelanggan atau warga yang ingin belanja mengeluhkan kenaikkan ini,” ujarnya.

Ia menambahkan kenaikan itu tak hanya akibat dari tingginya permintaan, tapi juga pengiriman dan stok barang dari distributor dan pemasok yang kerap terlambat datang, akibat cuaca dan macet beberapa hari belakangan ini.

Sementara itu, Kabid Perdagangan Dinas KUKM Perindustrian dan Perdagangaan Kab. Majalengka, Duddy Drajat mengakui adanya kenaikkan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di libur Natal dan Tahun Baru 2016 ini.

“Biasa memang kalau menjelang libur panjang seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru harga tentunya ada kenaikkan, tapi masih dalam tahap wajar, kalau terjadi kelangkaan kami akan melakukan operasi pasar,” ungkapnya. (Abduh)

1629 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*