Harga Minyak Dunia Turun, Aktivis Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM

MAJALENGKA (CT) – Dilemparnya penentuan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) ke dalam pasar global mulai dipertanyakan beberpa pihak. Harga minyak mentah dunia yang saat ini terus mengalami penurunan hingga kurang dari 50 dolar Amerika Serikat (AS)/barrel, tak kunjung membuat pemerintah dan Pertamina menurunkan harga BBM tersebut.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Majalengka (Himmaka) Cirebon, Cecep Arfan Nugraha mengatakan, secara logika, dengan terjadinya penurunan harga minyak dunia, seharusnya pemerintah dan Pertamina menurunkan harga BBM.

Menurut mahasiswa asal Kecamatan Lemahsugih Kabupaten Majalengka ini, permasalahan BBM tidak harus dibebankan semuanya kepada rakyat. Bahkan biasanya Pertamina selalu mengaku kerap mengalami kerugian, sehingga melakukan kenaikan BBM yang imbasnya menyengsarakan rakyat banyak.

“Tidak bijak rasanya jika masyarakat harus menanggung kerugian yang dialami Pertamina akibat kenaikan harga minyak mentah dunia beberapa waktu lalu. Pada saat harga minyak dunia turun, pemerintah dan Pertamina justru tidak menurunkan harga BBM. Kondisi ini sangat menyakitkan,” tegas mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini kepada CT, Selasa (28/07).

Hal senada diungkapkan pengurus Himmaka Bandung, Adhim Mugni Mubaroq. Dikatakan dia, dengan turunya harga BBM saat ini, maka pemerintah telah memberikan insentif kepada masyarakat. Apalagi perekonomian Indonesia saat ini dalam kondisi lemah dan berdampak terhadap penurunan daya beli masyarakat. “Insentif pemerintah salah satunya dengan menurunkan harga BBM ini,” jelasnya.

Ditegaskan Mahasiswa UIN Bandung ini, jika pemerintah tidak menurunkan harga BBM hal itu menandakan pemerintah dinilai tidak konsisten dan melindungi rakyatnya. Karena saat harga minyak mentah dunia naik, pemerintah dan Pertamina langsung menaikkan harga BBM.

“Saya melihat pemerintah dan Pertamina inkonsisten, jika tidak menurunkan harga BBM menyusul turunnya harga minyak mentah dunia,” tegasnya. (Abduh)

1968 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*