Hasil Olah TKP Lakalantas di Tol Cipali Belum Dapat Disimpulkan Penyebabnya

MAJALENGKA (CT) – Kakorlantas Mabes Polri yang didampingi Polda Jabar dan Polres Majalengka melakukan olah TKP kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), yang menyebabkan tewasnya 7 orang penumpang Daihatsu Grand Max di KM 178/800 wilayah Sumberjaya, Kabupaten Majalengka.

“Hasil olah TKP belum dapat disimpulkan baru mendokumentasikan tanda-tanda menggunakan sistem. IT dan biasanya baru satu hari kemudian hasilnya ketahuan,” kata Kombes Pol Drs. Indrajit, SH Kabid Bingakum (Pembinaan dan Penegakan Hukum) Kakorlantas Mabes Polri kepada CT, seusai olah TKP, Selasa (07/07).

Olah TKP pada hari ini, menurutnya mendokumentasikan bekas-bekas kecelakaan yang ada untuk diberikan tanda dan dimasukan ke komputer.

“Kemudian diolah menjadi fisik test, mensimulasikan, memformulasikan sebelum dan sesudah kecelakaan, nanti akan diketahui berapa kecepatan kendaraannya dan sebagainya,” jelasnya.

Kombes Indrajit mengatakan program ini mengadopsi dan mencontoh dari negara tetangga Australia.

“Dari program ini yang penting bagaimana mengetahui titik akhir terjadinya kecelakaan,” jelasnya.

Sementara mengenai kelaikan dan kontur jalan, ia mengatakan bukan ahlinya dan akan meminta bantuan Kementerian Pekerjaan Umum untuk meneliti hal tersebut.

“Yang jelas penyebab kecelakaan itu ada tiga, yaitu faktor manusia, kondisi jalan, dan lingkungan atau alam,” jelasnya.

Tindak lanjut dari kasus ini menurutnya ke depan akan dilakukan upaya pencegahan yaitu memberikan penyuluhan, patroli dan langkah terakhir baru dilakukan penindakan hukum.

“Yang jelas kami belum bisa menyimpulkan sampai saat ini karena baru mendokumentasikan, nanti setelah diolah oleh sistem IT, baru ketahuan hasilnya,” tegasnya. (Abduh)

3186 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*