Himmaka Cirebon Sukses Gelar Bakti Sosial di Desa Cipicung Majalengka

Majalengkatrust.com – Himpunan Mahasiswa Majalengka (Himmaka) Cirebon sukses menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) selama dua pekan di Desa Cipicung, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka.

Baksos sendiri diisi dengan beragam kegiatan antara lain sosialisasi dari Dinas Pendidikan, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pangan, Dinas Kesehatan dan menyerap aspirasi dari anggota DPRD Majalengka. Selain itu digelar juga kegiatan Himmaka Mengajar, Himmaka Ta’lim, Resepsi Milangkala Himmaka Cirebon ke-23, Silaturahmi Himmaka Se-Indonesia, Kreativitas Mahasiswa. Dan malam penutupan diisi dengan kegiatan tausiyah bersama KH.Didin Misbahudin, M.Ag (Pengasuh Ponpes At-Tadzkir Desa Pasanggrahan)

Ketua Panitia Irpan Padilah mengatakan, baksos ini mendapatkan respons positif dari masyarakat setempat. Termasuk berbagai elemen masyarakat maupun Pemkab Majalengka.

Sedangkan tujuan dari kegiatan ini yakni melaksanakan Tri Darma Perguraan Tinggi sekaligus wujud kepeduliaan mahasiswa asal Majalengka terhadap tanah kelahirannya, untuk membangun Majalengka menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah baksos ini mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Kegiatan yang sudah digelar selama baksos dengan memberikan penyuluhan pendidikan, kesehatan, keamanan dan lain sebagainya,” ujarnya, Jumat (03/02).

Tak hanya itu, kata dia, selama baksos Himmaka mengadakan kegiatan santunan terhadap anak yatim, silatturrahmi Himmaka se-Indonesia, tablig akbar, dan perlombaan keagamaan lainnya.

“Baksos ini merupakan agenda tahunan yang sudah berlangsung dari setiap kepengurusan Himmaka berdiri,” kataya.

Ketua Umum (Ketum) Himmaka Cirebon Ade Sudiana menambahkan, pelaksanaan Baksos sendiri hampir sama seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kampus. Tapi baksos Himmaka lebih menekankan pada pemberdayaan masyarakat agar mampu hidup mandiri, berdikira dan tetap menjungjung tinggi azas gotong royong yang selama ini sudah mulai pudar,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan baksos ini sebagai pengalaman bagi mahasiswa asal Majalengka, ketika nanti terjun ke masyarakat.

“Semangat membangun yang digelorakan mahasiswa asal Majalengka ini, saya harapkan dapat memberikan energi positif bagi masyarakat Majalengka. Karena peran dan fungsi mahasiswa saat ini sangat strategis dalam upaya menumbuhkembangkan kemajuan daerahnya,” paparnya.

Mantan Ketua Umum Himmaka Cirebon yang juga pengasuh Ponpes At-Tadzkir Desa Pasangrahan, KH. Didin Misbahudin berharap dengan terlaksananya kegiatan sosial, dapat menumbuhkan kehidupan yang harmonis di tengah masyarakat, sekaligus mendorong perubahan sosial dan kebudayaan masyarakat ke arah yang lebih baik.

“Kami berharap setelah baksos ini, masyarakat dapat terbantu, terutama menerima ilmu-ilmu pengetahuan dalam memajukan desa, yang didapat para mahasiswa saat di bangku kuliah,” imbuhnya. (Abduh)

1803 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*