HUT Satpam 2015, Bupati Majalengka: Kejahatan Makin Beragam, Satpam Harus “Melek Informasi”

MAJALENGKA (CT) – Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Satuan Pengamanan (Satpam) harus juga mengikuti dan memperhatikan perkembangan informasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang terjadi. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Majalengka, H. Sutrisno dalam amanatnya saat upacara HUT Satpam tahun 2015 di halaman Mapolres Majalengka, Rabu (30/12).

“Kita dapat mengetahui bahwa permasalahan yang bersumber dari berbagai aspek kehidupan sosial, juga akan mempengaruhi sekaligus menunjukkan kecenderungan gangguan kamtibmas apa yang akan terjadi,” Ujarnya.

Bupati Sutrisno mengatakan di hadapan peserta upacara yang diikuti anggota polisi, Satpam, anggota Satpol PP, Dinas Perhubungan, anggota TNI dan undangan lainnya, bahwa gangguan Kamtibmas sekecil apa pun bisa menjadi tindak kriminal yang membahayakan.

“Apabila tidak diantisipasi dan ditangani dengan baik, fenomena tersebut dapat kita lihat dari hadirnya berbagai bentuk aksi kejahatan yang bernuansa konvensional, transnasional, dan terorganisir dengan latar belakang penyebab yang berbeda-beda,” ujarnya.

Menurut Sutrisno, aksi kejahatan makin beragam, baik pelaku, bentuk, modus operandi, maupun tujuannya. Mulai dari aksi kejahatan dengan cara-cara kekerasan, manual, dan komunal seperti pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan, penganiayaan dan konflik antar kelompok, hingga kejahatan dengan modus operandi yang canggih dan sulit pembuktiannya, semisal tindak pidana korupsi, pencucian uang, cyber crime, termasuk kejahatan lain yang tidak kalah bahanyanya.

“Karenanya kita harus selalu waspada, terlebih kejahatan terorisme, yang dalam eksistensinya berusaha untuk melakukan regenerasi dan perekrutan anggota baru. Untuk itu kerjasama menjaga Kamtibmas diperlukan dan harus didukung semua pihak, termasuk Satuan Pengamanan,” tegasnya. (Abduh)

1494 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*