Ikut Amankan Arus Mudik, Pelajar Sekolah Ini Mengaku Bangga

MAJALENGKA (CT) – Tidak hanya petugas Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran 2015 di sejumlah titik kepadatan arus lalu lintas dari pihak kepolisian saja yang turun ke jalan, tapi juga puluhan siswa dari Patroli Keamanan Sekolah (PKS) atau Polisi Pelajar (Poljar) turut membantu mengatur lalu lintas.

Kapolsek Jatiwangi Kompol Sri Sueni SH melalui anggotanya saat ditemui di lokasi pengaturan lalu lintas, Selasa (14/07), mengatakan, para siswa tersebut memang merupakan binaan dari kepolisian. Ada sebanyak 35 orang dari Poljar di wilayah Jatiwangi yang memang diterjunkan pada saat libur panjang baik nasional maupun keagaman karena berpotensi terjadinya kemacetan kendaraan.

“Kehadiran para siswa ini dirasa sangat membantu para personel kepolisian dari Satlantas Polsek Jatiwangi. Karena, para siswa tersebut memang sudah terlatih untuk mengatur lalu lintas. Apalagi mereka sudah terlatih dan memang dibina juga oleh polisi,” terangnya.

Dikatakan, puluhan siswa yang diperbantukan petugas kepolisian untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas itu sudah sejak H-7 sudah diterjunkan di kawasan Jalan raya Ciborelang Jatiwangi. Namun, untuk H+3 seluruhnya di konsentrasikan di titik yang padat kendaraan yakni di Lampu merah Jatiwangi.

“Dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan kepolisian, maka kami ikut membina organisasi ekstrakulikuler ini untuk memberi pembinaan terhadap siswa. Ada anggota kepolisian diperbantukan untuk melakukan pembinaan dan pelatihan kepada Polisi Pelajar. Adapun materi yang diberikan kepada siswa, yakni tata cara pengaturan lalu lintas, keamanan sekolah, prilaku serta peraaturan baris berbaris (PBB),” bebernya.

Salah seorang pelajar dari SMPN 1 Jatiwangi, Habib mengatakan, dirinya merasa senang dengan Tugas para polisi pelajar, tidak lain yakni membantu mengatur arus lalu lintas maupun waktu masyarakat untuk menyebrang jalan. Sepanjang hari secara bergantian, Poljar dengan sabar mengatur warga yang hendak menyebrang.

“ Saya senang dengan Tugas kami bisa menolong dan membantu masyarakat yang hendak menyebrang jalan,” ujarnya.

Tidak hanya siswa laki-laki saja yang dilibatkan di sana. Namun, siswi perempuan juga disibukkan membantu tugas para polisi tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Dellya C pelajar kelas 3 SMP, Dengan terik panas jalur yang berjubel kendaraan, mereka dengan sabar melakukan tugasnya.

“Kami hanya membantu menyebrangkan penduduk sekitar yang ingin menyebrang,” ujar Poljar yang berusia 15 tahun ini ditengah tengah kesibuk membantu polisi mengatur lalu lintas. (Abduh)

2517 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*