Intensitas Hujan Tinggi di Wilayah Majalengka, BPBD Imbau Waspada Bencana

Ilustrasi

Majalengkatrust.com – Beberapa hari terakhir ini intensitas curah hujan di Wilayah Kabupaten Majalengka dan sekitarnya tinggi. Hal tersebut dikarenakan dampak dari El Nina, rata-rata intensitas hujan setiap hari hampir rata di seluruh daerah Majalengka.

“Dengan adanya intensitas hujan yang tinggi tersebut, dapat mengakibatkan bencana alam berupa tanah longsor, banjir, pohon tumbang, terseret arus air dan lain-lain,” kata Kepala BPBD Majalengka, Tatang Rahmat melalui Staf Pusdalop Indra Subana, Kamis (22/09).

Menurut dia, berdasarkan data BMKG Jatiwangi Perkiraan Cuaca hari ini, Kamis (22/09) di wilayah Majalengka diperkirakan akan terjadi hujan ringan dengan kelembaban 54 persen-95 persen, Kecepatan Angin 25 kilometer per Jam dengan suhu 24-35 °C.

“Sehubungan hal tersebut, kami mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada ketika hujan turun. Jauhi tempat yang beresiko bencana misalnya sungai, tebing, air terjun, area ketinggian dan lain-lain,” ungkap Indra.

Selain itu, dirinya juga mengajak masyarakat untuk tidak menebang pohon secara liar, tidak membuang sampah ke sungai sembarangan, tidak mengeksploitasi alam, menjaga daerah resapan air dan menanami lahan yang gundul.

Dikatakan dia, untuk layanan laporan bencana alam bisa dikoordinasikan dengan Pusdalops BPBD Majalengka, dengan Call Center 085220022694 (Pusdalops BPBD Majalengka) supaya kejadian bencana tersebut segera di tindak lanjuti. (Abduh)

1548 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*