Jelang Idul Adha, Harga Hewan Kurban Mulai Meroket

MAJALENGKA (CT) – Jelang Idul Adha 1436 Hijriyah, harga kambing dan sapi kurban Kabupaten Majalengka, kian melambung tinggi. Kenaikan harga hewan kurban itu mencapai Rp. 2 juta per ekor.

“Harga jual untuk hewan kurban sejak 3 hari lalu sudah mulai merangkak naik. Jika untuk sapi kurban sebelumnya dijual oleh peternak mulai Rp. 15 juta hingga Rp. 20 juta. Kini sudah mulai naik sekitar Rp. 1 juta hingga Rp. 2 juta per ekor,” kata Suwardi, 51, pedagang hewan kurban di pasar Hewan Kadipaten, Rabu (02/09).

Sementara harga kambing dan domba, kata Suwardi, naik sebesar Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta. Harga kambing dan domba saat ini dipatok Rp. 2,5 juta hingga Rp. 3 juta. Hal senada juga diungkapkan Ridho (48) peternak warga Kecamatan Kadipaten. Menurut dia harga hewan kurban itu akan semakin tinggi beberapa hari sebelum Idul Adha. Meski demikian, kenaikan harga daging kurban ini tak membuat sepi pembeli.

“Kenaikan harga tidak dapat dihindarkan. Meski kenaikan harga saat ini masih wajar, namun kenaikan akan terus terjadi hingga hari-hari menjelang lebaran haji nanti,” kata Ridho.

Ridho mengaku sudah menambah pasokan hewan kurban jelang Idul Adha. Biasanya pedagang hewan ternak itu menampung 20 ekor sapi, 50 ekor kambing, dan 100 ekor domba. “Untuk menjaga stamina dan kesehatan ternaknya, terlebih pada musim kemarau ini, setiap tiga hari sekali ternak diberi jamu dan asupan makanan yang cukup agar selalau sehat hingga musim Lebaran Haji mendatang,” katanya. (Abduh)

2625 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*