Jembatan Gantung Penghubung Dua Desa di Majalengka Ancam Keselamatan Warga

MAJALENGKA (CT) – Keberadaan jembatan gantung Cileuis yang menghubungkan Desa Leuweunggede Kecamatan Jatiwangi dengan Desa Waringin Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka yang kondisinya kini mulai memprihatinkan, sangat membutuhkan perhatian dari Pemerintah Desa setempat.

Selain kondisi jembatan yang sempit dan mengalami kerusakan, jalan menuju dan dari jembatan Cileuis kondisinya rusak cukup parah dan licin bila hujan turun, terutama di Blok Dukuh Nangka Desa Waringin.

Penuturan warga Desa Waringin, Nana Herdiana menyebutkan, jembatan gantung Cileuis cukup vital karena sebagai jalur alternatif dari desanya menuju Majalengka. Tapi sayang, keluh Nana, kondisi jembatan kini mulai mengkhawatirkan.

“Kalau melintasi jembatan gantung Cileuis harus ekstra hati- hati, karena jembatan bergoyang- goyang dan kayu-kayu pijakan sudah banyak yang rusak,” tutur Nana, Jumat (18/03).

Dikatakan dia, mayoritas warga berharap agar dibuatkan jembatan yang permanen, sehingga bisa memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat sekitar.

“Jembatan Cileuis selama ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, walaupun dengan terpaksa harus melewatinya, meskipun kondisi jembatan yang dibikin seadanya dan rawan terjatuh ke sungai Cikeruh yang dalam,” katanya.

Menurut Kepala Desa Leuweunggede Askari, jembatan gantung Cileuis merupakan akses alternatif jalan yang bisa mempercepat akses jalan warga dari Kecamatan Palasah dengan Kecamatan Jatiwangi, sehingga jembatan gantung tersebut sangat dibutuhkan dan perlu perbaikan.

“Kami mengusulkan agar Pemdes Waringin dan Pemdes Leuweunggede bersama-sama mengajukan perbaikan jembatan gantung tersebut, baik ke pemerintah daerah, pemprov maupun pemerintah pusat,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kuwu Waringin, Umar mengaku hingga kini pihaknya belum mengajukan perbaikan jembatan Cileuis tersebut. “Kami akan mencoba mengajukan perbaikan jembatan Cileuis dan semoga ada respon positif,’ harap Umar.

Dari pantauan di lapangan, jembatan gantung yang membentang di atas sungai Cikeruh kondisinya sudah mulai rusak, terutama di bagian kayu-kayunya. Sehingga para pengguna jembatan harus ekstra hati- hati bila melintasi jembatan gantung tersebut. (Abduh)

2178 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*