Kado Hari Jadi, Majalengka Raih WTP 4 Kali Berturut-Turut

Majalengkatrust.com – Kado Hari Jadi ke-527 Kabupaten Majalengka, mendapat opini WTP (wajar tanpa pengecualian dari BPK atas LKPD (laporan keuangan pemerintah daerah) tahun 2016.

“Opini WTP 4 tahun berturut-turut ini semua ini bisa kita peroleh berkat adanya komitmen dan keinginan kita untuk menyelenggarakan pemerintah dengan baik dan tentu yang paling utama kinerja dari teman-teman OPD yang telah berupaya menyajikan data-data keuangan dengan baik,” kata Bupati Majalengka H. Sutrisno saat sidang paripurna Hari Jadi Kabupaten Majalengka ke-527 di Pendopo Kabupaten Majalengka Jalan Ahmad Yani No.01.

Bupati Sutrisno mengatakan perolehan opini WTP dari BPK terhadap LKPD kabupaten Majalengka tahun 2016 didasarkan adanya upaya serta konsistensi dari Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam menata kelola keuangan APBD, baik itu mengelola PAD, mengelola DAU, DAK, perencanaan TAPD.

Kemudian dibahas dengan Banggar DPRD yang diimplementasikan ke dalam program-program pembangunan tahun 2016 baik infrastruktur maupun kegiatan-kegiatan yang menunjang kepada pencapaian IPM (indeks pembangunan masyarakat) di kabupaten Majalengka.

“Pemeriksaan BPK tersebut, ditujukan kepada laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintah, yang didasarkan kepada efektivitas sistem pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Inilah yang menjadi dasar penilaian dan evaluasi BPK terhadap LKPD Pemkab Majalengka sehingga memperoleh opini WTP,” jelas dia.

“Saya kira yang dilakukan BPK bukan merupakan sebuah penghargaan tapi ini mengangkat dari suatu kondisi dan kenyataan yang ada di Kabupaten Majalengka tanpa ada upaya membantu, membimbing, saya menyebut membimbing saja disalahkan, apalagi merekayasa. Jadi ini riil atas dasar kinerja yang dijalankan teman-teman OPD,” tambahnya lagi.

Bupati Dr. H. Sutrisno, SE, M.Si merasa bersyukur dan berterimakasih kepada seluruh OPD, para camat, para pejabat, fungsional di lingkungan Pemkab Majalengka yang telah berhasil secara konsisten menyajikan laporan keuangan dengan baik sehingga BPK menjustifikasi kabupaten Majalengka berhak memperoleh opini WTP.

“Karena ini merupakan sejarah pertamakali Majalengka memperoleh WTP, Pak Bupati bersama saya ke depan ingin terus mengajak kepada para OPD, Camat, para fungsional untuk terus melakukan upaya-upaya maksimal agar WTP ini bisa dipertahankan sekaligus menjadi kado hari jadi kabupaten Majalengka ke-527,” imbuhnya.

Kemudian menegaskan dengan diperolehnya WTP ini merupakan motivasi bagi Kabupaten Majalengka untuk terus menata kelola aset, keuangan, dan hasil-hasil pembangunan serta menjadi motivator untuk terus membangun sampai masyarakat dalam atmosfer kesejahteraan.

“Bersama kabupaten/kota lain yang mendapat WTP, kita berkomitmen untuk terus mempertahankan, kita berkomitmen ingin terus menata dengan maksimal tata kelola keuangan dengan baik,” tandasnya

Bupati Sutrisno mengatakan, upaya untuk mengurai kesenjangan kota dan kota dengan percepatan desa mandiri dengan desa yang mampu mengatur dan mengurus pemerintahan dan tata kelola yang baik sesuai RPJMD. (Abduh)

753 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*