Kalah Sidang Praperadilan, Pengacara AS Nilai Putusan Hakim Menyelundupkan Hukum

MAJALENGKA (CT) – Pengacara Wakil Ketua DPRD Majalengka AS, Cepi Pamungkas, SH menilai putusan Hakim Praperadilan Achmad Munandar, yang memenangkan pihak Kejari Majalengka, selaku termohon dalam sidang praperadilan penetapan AS sebagai tersangka korupsi dana CSR program GP3K BUMN PT Sanghyang Sri sebagai penyelundupan hukum.

“Putusan ini bagian dari penyelundupan hukum karena dasar praperadilan ini adalah putusan MK dan UU nomor 15 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, namun UU nomor 15 tahun 2006 ini tidak jadi pertimbangan dalam putusan hakim,” jelas Cepi kepada CT seusai persidangan, Rabu (26/08).

“Kalau putusan MK itu tidak berlaku surut, oke saya sependapat, tapi tidak dijadikannya pertimbangan hakim bahwa pasal 8 UU nomor 15 tahun 2006 yang menyatakan penyelidikan itu harus berdasar LHP BPK, ini jelas ada upaya penyelundupan hukum,” tegas pengacara Cepi.

Untuk itu Cepi mengatakan pihaknya akan melakukan PK (peninjauan kembali) ke Mahkamah Agung yang dasar hukumnya Surat Edaran MA nomor 4 tahun 2014, UU nomor 4 tahun 2014 tentang kehakiman dan ada Yurisprudensi bahwa praperadilan dimenangkan pemohon oleh Hakim.

“Kita juga akan laporkan hakim ke Komisi Yudisial, ke Komnas HAM dan Komisi III DPR RI, ini keinginan klien saya AS,” ungkap Cepi.

Cepi mengatakan upaya hukum Peninjauan Kembali (PK) putusan praperadilan dengan pemohon AS dan termohon Kejari Majalengka tentang Sprindik penetapan AS sebagai tersangka dugaan korupsi dana CSR PT SHS paling lambat akan diajukan seminggu kemudian.

“PK ini paling lambat kita ajukan satu minggu ke depan ke MA melalui PN Majalengka,” ungkapnya.

Sementara Hakim Achmad Munandar ketika dikonfirmasi mengenai putusan yang memenangkan Kejari Majalengka dan dianggap penyelundupan hukum karena tidak memasukan UU nomor 15 tahun 2006 tentang BPK menolak berkomentar.

“Putusan praperadilan ini tidak bisa ada upaya hukum lain, lebih jelasnya silahkan ke Humas saja,” ujarnya singkat saat ditemui CT seusai persidangan. (Abduh)

1602 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*