Kecamatan Panyingkiran Gelar Lomba Diversifikasi Pangan dan Promosi Produk Unggulan Desa

MAJALENGKA (CT) – Kabupaten Majalengka dikenal sebagai salah satu penyangga penghasil tanaman pertanian. Namun jika ditinjau dan analisis lebih dalam, sektor pertanian dalam arti luas cukup berat untuk dikembangkan menjadi sektor unggulan yang dapat mensejahterakan masyarakat.

Namun demikian sektor pertanian merupakan salah satu tulang punggung (back bone) pembangunan di Kabupaten Majalengka.

Demikian dikatakan Camat Panyingkiran Kabupaten Majalengka Junaidi saat membuka lomba Gelar Lomba Diversifikasi Pangan dan Promosi Produk Unggulan Desa tingkat Kecamatan Panyingkiran.

“Sektor pertanian ini harus diarahkan untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata ke depan,”ujar Camat Junaedi, Minggu (31/07).

Menurut dia, pertanian tidak sekedar beraktifitas untuk menghasilkan produk pertanian, seperti : beras, ketela, jagung, kedelei, dan sebagainya. Tetapi bagaimana caranya sektor pertanian juga beradaptasi untuk bergerak ke arah penciptaan produk – produk pertanian yang mendukung pengembangan pariwisata, baik melalui produk olahan pertanian menjadi cindera rasa atau kuliner, oleh – oleh, serta cinderamata.

Lomba diversifikasi pangan dan promosi produk unggulan desa yang diprakarsai oleh Pemerintah Kecamatan Panyingkiran dan BP3K Panyingkiran ini, lanjut dia, merupakan suatu langkah nyata dalam membantu pencapaian program pemerintah.

Camat Junaedi mengatakan Lomba diversifikasi pangan yang diikuti oleh Kelompok Wanita Tani dengan bimbingan Tim Penggerak PKK desa akan membuka cakrawala bahwa di tanah air khususnya di Kecamatan Panyingkiran ini ternyata begitu banyak melimpah sumber – sumber pangan yang memiliki kandungan gizi sama baiknya.

“Lomba promosi produk unggulan desa dimana pesertanya terdiri dari para perangkat desa akan memberikan suatu pembuktian diri bahwa wilayahnya seumpama mutiara yang berkilau yang suatu saat menjadi primadona,”harapnya.

Lomba yang dilaksanakan bertempat di halaman Kecamatan Panyingkiran, sukses di selenggarakan atas partisipasi semua pihak, Pemerintah Desa, BP3K Kecamatan Panyingkiran, Koordinator KB, Puskesmas, UPTD Pendidikan, Gapoktan, KWT, TP.PKK Desa, Masyarakat, dan lainnya dengan juara lomba sebagai berikut Lomba diversifikasi pangan. (Abduh)

Hasil Lomba Tersebut Sebagai Berikut:

Juara I : Desa Leuwiseeng,
Juara II : Desa Jatiserang,
Juara III : Desa Cijurey dan
Lomba Promosi Produk Unggulan Desa
Juara I : Desa Pasirmuncang
Juara II : Desa Bonang dan
Juara III : Desa Karyamukti.

1629 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*